Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah, Begini Cara Budidaya Cincau dari Biji

Kompas.com - 08/07/2023, 11:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cincau merupakan tanaman rambat berbatang kecil yang mampu menjalar belasan meter. Daun tanaman ini biasanya diolah menjadi minuman segar yang kaya nutrisi.

Ada banyak jenis tanaman cincau yang bisa dilihat dari morfologi daunnya. Ada cincau yang berdaun licin mengkilap seperti berminyak, ada yang daunnya lebar dan berbulu, serta ada yang daunnya agak kecil.

Setiap jenis cincau akan menghasilkan rasa yang berbeda. Jenis cincau yang banyak disukai yaitu cincau yang daunnya berbulu.

Baca juga: Budidaya Cincau dengan Benar agar Pertumbuhannya Maksimal

cincau tersebut memiliki rasa enak, tahan lama atau tidak mudah mencair, serta banyak dijumpai di pasar. Tak hanya jenisnya yang beragam, cara perbanyakan cincau juga sangat beragam ada yang diperbanyak menggunakan biji, stek, atau merunduk.

Ilustrasi tanaman daun cincauShutterstock/Ikhsan Rosyadi Ilustrasi tanaman daun cincau

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar cara budidaya cincau dari biji. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, ini penjelasan selengkapnya.

Penyemaian biji cincau

Biji cincau yang akan ditanam perlu disemai terlebih dahulu. Pilihlah biji yang sudah tua ditandai dengan warnanya merah atau hitam.

Kemudian, biarkan biji cincau mengering dengan cara membungkus menggunakan daun dan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari, namun udaranya kering.

Baca juga: Cara Menanam Sirih, Tanaman Obat dengan Beragam Khasiat

Lalu, siapkan tempat persemaian yang diisi dengan tanah/pupuk kandang/kompos yang sudah terfermentasi sempurna. Selanjutnya, taburkan biji di atas media semai dan tutup tipis biji cincau dengan media semai.

Siram sampai persemaian lembap dan letakkan di tempat teduh yang terhindar dari serangan hama. Setelah berumur kurang lebih 6 minggu, bibit cincau sudah bisa dipindahkan ke lahan atau polybag yang lebih besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com