Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahapan Pasca-panen Kencur agar Mutunya Terjaga

Kompas.com - 15/07/2023, 11:49 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kencur merupakan rempah yang banyak tumbuh di Indonesia. Rempah-rempah ini biasanya digunakan sebagai bumbu masakan maupun diolah sebagai jamu tradisional.

Sama halnya dengan rempah lainnya, bagian tanaman kencur yang dipanen yaitu rimpangnya. Untuk mendapatkan rimpang kencur, tanaman ini perlu dibongkar sampai mendapatkan rimpangnya.

Setelah dipanen, rimpang kencur akan melalui tahapan pasca-panen. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (15/7/2023), berikut ini tahapan pasca-panen kencur agar mutunya terjaga.

Baca juga: Begini Cara Mudah Pembibitan Kencur

Penyortiran awal

Setelah dipanen, rimpang kencur perlu disortir terlebih dahulu untuk memisahkan antara rimpang yang tua dan muda, serta antara rimpang yang rusak dan sempurna. Setelah itu, bersihkan tanah atau kotoran lain yang masih menempel. Daun, batang, dan akar yang masih menempel pada rimpang juga perlu dibuang.

Rimpang kencurShutterstock/Dian Zuraida Rimpang kencur

Pencucian

Untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel pada rimpang kencur, maka rimpang perlu dicuci sampai bersih. Setelah itu, tiriskan rimpang dalam keranjang bersih.

Perajangan

Tahapan pasca-panen kencur selanjutnya yaitu perajangan. Proses ini bisa dilakukan secara manual maupun menggunakan mesin khusus.

Rimpang dirajang hingga ketebalannya sekitar 0,2 sampai 0,5 cm dengan lebar antara 0,5 sampai 3 cm dan panjang cukup 1 hingga 5 cm.

Baca juga: Cara Menanam Kencur di Polybag Mudah dan Praktis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com