Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Bibit Nanas dari Tunas dan Stek Batang

Kompas.com - 18/07/2023, 11:13 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di Indonesia, nanas termasuk buah yang populer. Buah ini memiliki rasa enak dan segar, sehingga banyak disukai.

Tak hanya itu olahan nanas juga sangat beragam, sehingga membuat nilai jualnya cukup tinggi. Hal inilah yang membuat nanas menjadi salah satu komoditas buah-buahan yang banyak dibudidayakan.

Ada banyak jenis buah nanas yang tumbuh di Indonesia. Bahkan, buah ini bisa ditanam di pekarangan dengan mudah.

Baca juga: Simak, Ini Cara Menanam Nanas di Pekarangan Rumah

Budidaya nanas sebenarnya tidak berbeda jauh dengan budidaya tanaman buah lainnya. Namun, untuk menghasilkan tanaman dan buah nanas yang berkualitas, bibit yang ditanam harus unggul.

Bibit nanas bisa diperoleh dari pembibitan tunas batang atau stek batang. Pembibitan dengan cara tersebut tergolong sebagai pembibitan vegetatif.

Ilustrasi nanas, tanaman nanas, menanam nanas. FREEPIK/WIRESTOCK Ilustrasi nanas, tanaman nanas, menanam nanas.

Cara ini dinilai lebih menguntungkan dan bisa menghasilkan bibit dengan cepat. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (18/7/2023), berikut ini cara membuat bibit nanas berkualitas dan unggul.

Pembibitan nanas dari tunas batang

Cara membuat bibit nanas yang pertama yaitu dengan menggunakan tunas batang. Pilihlah tunas batang ukuran 30 hingga 35 cm.

Baca juga: Budidaya Tanaman Nanas yang Benar supaya Panennya Melimpah

Setelah itu, potong daun yang berada di dekat pangkal pohon. Tujuannya untuk mengurangi penguapan dan memudahkan pemindahan bibit.

Selanjutnya, tanam tunas dalam polybag berisi media tanam dan tempatkan di area teduh. Setelah bibit tumbuh semakin besar, pindahkan ke lahan yang telah disiapkan.

Pembibitan nanas dari stek batang

Selain menggunakan tunas batang, pembibitan nanas juga menggunakan stek batang. Caranya dengan memotong batang nanas yang telah dipanen sepanjang 2,5 cm.

Kemudian, belah potongan batang menjadi empat bagian sama panjang. Pastikan seluruh bagian memiliki mata tunas.

Baca juga: Cara Menanam Nanas Madu yang Benar agar Panennya Melimpah

Sebelum ditanam, siapkan media semai dari campuran pasir dan pupuk kandang. Lalu, tanam potongan stek batang dalam media semai tersebut hingga umur bibit 3 sampai 5 bulan atau setelah ukurannya 25 hingga 35 cm. Selama proses pembibitan, lakukan penyiraman secara rutin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com