Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Nanas Berkualitas untuk Bahan Selai

Kompas.com - 15/04/2023, 10:08 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu buah yang banyak dicari menjelang Lebaran yaitu nanas. Buah ini biasanya diolah menjadi selai untuk isian kue kering.

Untuk mendapatkan rasa selai yang enak, buah nanas yang digunakan harus berkualitas. Lantas, bagaimana cara memilih nanas yang berkualitas? Dikutip dari The Burning Kitchen, Sabtu (15/4/2023), berikut tips memilih nanas untuk membuat selai.

1. Perhatikan warnanya

Warna nanas bisa menjadi tanda bahwa buah tersebut sudah matang. Nanas yang sudah matang memiliki warna kuning.

Baca juga: Cara Panen dan Pasca Panen Nanas yang Benar

Sebaiknya jangan membeli nanas yang masih hijau. Pasalnya, nanas yang masih hijau belum matang dan rasanya masih terlalu masam.

2. Lihat ukuran mata nanas

Pilihlah buah nanas yang memiliki mata besar. Jika ukuran mata pada kulit nanas besar, maka artinya nanas tersebut sudah matang saat dipanen. Dengan demikian, rasanya lebih manis dibandingkan buah nanas yang mata kulitnya kecil.

Ilustrasi nanas Ilustrasi nanas

3. Amati daunnya

Biasanya nanas dijual dalam kondisi masih memiliki daun atau mahkota. Salah satu ciri nanas yang matang dan berkualitas yaitu daunnya masih terlihat segar. hindari nanas yang daunnya terlalu coklat, dehidrasi, dan layu.

4. Pilih nanas yang bentuknya bulat

Cara memilih nanas yang berkualitas lainnya yaitu dengan memperhatikan bentuknya. Sebaiknya pilih buah nanas yang bentuknya bulat dan berisi.

Baca juga: Cara Menanam Nanas Madu di Halaman Rumah, Bisa Pakai Pot atau Polybag

Nanas yang bentuknya runcing di bagian atas, biasanya memiliki daging yang lebih sedikit.

5. Beli nanas yang beraroma harum

Nanas yang sudah matang memiliki aroma harum. Akan tetapi, nanas yang sudah sangat memiliki aroma asam seperti terfermentasi.

Sementara itu, buah nanas yang masih mentah tidak memiliki aroma apapun. Maka dari itu, sebaiknya perhatikan aroma buah tersebut sebelum membelinya.

6. Pertimbangkan tekstur dan berat buah

Saat memilih buah nanas, sebaiknya tekan sedikit pada bagian kulitnya. Hindari membeli nanas yang teksturnya terlalu lunak karena biasanya sudah terlalu matang.

Selain itu, perhatikan juga berat buahnya. Nanas yang berat biasanya lebih segar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com