Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Tomat di Dataran Rendah dengan Benar agar Berbuah Banyak

Kompas.com - 22/07/2023, 14:56 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tomat merupakan salah satu sayuran yang banyak dibudidayakan. Sayuran ini bisa ditanam di dataran rendah maupun tinggi.

Akan tetapi, jenis atau varietas tomat yang ditanam berbeda tergantung ketinggian tempatnya. Kesesuaian antara varietas tomat dengan ketinggian tempat akan menentukan pertumbuhan dan produktivitas tanaman ini.

Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (22/7/2023), berikut ini cara menanam tomat di dataran rendah yang benar agar berbuah banyak.

Baca juga: Cara Menanam Tomat Ceri dalam Pot, Mudah dan Praktis

Siapkan benih yang akan ditanam

Benih yang akan ditanam harus berasal dari varietas unggul dan dalam kondisi sehat. Beberapa varietas tomat yang cocok ditanam di dataran rendah yaitu varietas ratna, mutiara, zamrud, opal, dan lain sebagainya.

Ilustrasi menanam tomat, budidaya tomat dengan mulsa plastik. SHUTTERSTOCK/PIRUNPON Ilustrasi menanam tomat, budidaya tomat dengan mulsa plastik.

Persemaian

Benih tomat yang sudah dipilih kemudian disemai pada bedengan kecil berukuran 1 x 2 m. Gemburkan terlebih dahulu bedengan tersebut dan campurkan dengan pupuk kandang sebanyak 4 kg.

Diamkan lahan selama 1 minggu, kemudian taburkan benih dan tutup dengan tanah tipis. Siram persemaian secara rutin setiap hari pada pagi dan sore hari.

Setelah berumur 2 minggu, pindahkan bibit atau tanaman muda ke dalam polybag kecil yang sudah berisi media semai. Jenis media semai terbuat dari campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang (perbandingan 1:1:1).

Baca juga: Cara Menanam Tomat Servo di Musim Hujan agar Tidak Gagal Panen

Pengolahan lahan dan penanaman

Lahan yang akan ditanami perlu diolah terlebih dahulu. Kemudian buat bedengan ukuran 1 meter, tinggi 25 cm, dan panjangnya menyesuaikan lahan setempat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com