Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Mizuna dengan Mudah dan Cepat Panen

Kompas.com - 24/07/2023, 11:46 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mizuna adalah sawi hijau yang daunnya berbulu khas dan rasanya manis. Sayuran ini memiliki rasa sedikit pedas dan bisa memberikan rasa enak pada daging maupun kaldu.

Sama halnya dengan jenis sayuran lainnya, budidaya tanaman mizuna juga cukup mudah. Dilansir dari Gardeners Path, Senin (24/7/2023), berikut ini cara menanam mizuna dengan mudah dan cepat tumbuh.

Cara menabur benih

Waktu menanam benih mizuna sebaiknya dilakukan saat cuaca dingin. Selain itu, lahan yang akan ditanami benih mizuna juga harus terkena sinar matahari penuh atau teduh parsial.

Baca juga: Cara Menanam Sawi Hidroponik, Cocok untuk Lahan Sempit

Lahan yang akan ditanami perlu diolah terlebih dahulu sampai gembur. Kemudian, tambahkan bahan organik seperti kompos atau pupuk kandang.

Ilustrasi tanaman sayuran mizuna, menanam mizuna di pot. SHUTTERSTOCK/ELENVIK Ilustrasi tanaman sayuran mizuna, menanam mizuna di pot.

Berikutnya, buat lubang tanam dan masukkan benih dalam lubang tanam tersebut. Tutup tipis lubang tanam dengan tanah. Setelah 10 hari, benih akan mulai berkecambah.

Cara merawat tanaman mizuna

Perawatan tanaman mizuna tidak berbeda jauh dengan tanaman sayur lainnya. Anda perlu memastikan bedengan atau lahan budidaya bersih dari gulma maupun tanaman liar.

Selain itu, lakukan juga penyiraman untuk memastikan tanaman tidak kekurangan air terutama saat hujan tidak turun. Hati-hati agar daun tidak basah karena bisa menyebabkan tanaman terserangan patogen penyebab penyakit.

Jika terdapat serangan hama dan penyakit, maka lakukan pengendalian dengan mengaplikasikan pestisida nabati.

Baca juga: Cara Menanam Sawi Sendok di Polybag dengan Mudah

Panen

Tanaman mizuna sudah bisa dipanen setelah terbentuk satu set daun sejati yang tingginya kurang lebih 2 inci. Apabila kondisinya maksimal, maka panen bisa dilakukan 2 minggu setelah semai.

Cara panen mizuna yaitu dengan mencabut tanaman yang hendak dipanen sampai akarnya terangkat. Selain itu, bisa juga dengan memotong daun yang siap panen. Setelah dipanen, cuci bersih daun mizuna kemudian keringkan sebelum dikonsumsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com