Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Budidaya Kangkung Air dengan Mudah dan Cepat Panen

Kompas.com - 30/07/2023, 19:02 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kangkung air adalah jenis kangkung yang dapat ditanam dengan mudah. Berbeda dengan kangkung darat yang bisa ditanam di tanah atau air, jenis kangkung air hanya bisa ditanam di air atau lahan yang basah dengan kandungan air tinggi.

Lahan yang akan ditanami harus gembur yang dibuat gundukan dengan lebar kurang lebih 2 hingga 3 meter. Kemudian, buat pintu masuk dan keluar air serta genangi tanah dengan air setinggi 6 cm.

Seminggu setelahnya, lakukan pemupukan untuk menyediakan nutrisi yang menunjang pertumbuhan tanaman. Sementara itu, benih yang ditanam juga harus berkualitas agar pertumbuhannya maksimal.

Baca juga: Cara Menanam Kangkung Air dengan Mudah, Bisa Panen Setelah 11 Hari

Ilustrasi kangkung. SHUTTERSTOCK/KOBCHAIMA Ilustrasi kangkung.

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (30/7/2023), berikut ini tahapan budidaya kangkung air agar panennya maksimal.

Penanaman

Cara menanam kangkung air cukup dengan menancapkan bibit kangkung dengan jarak 1,5 x 1,5 cm. Penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari agar kangkung tidak mati akibat panas matahari.

Perawatan tanaman kangkung

Setelah ditanam, lakukan perawatan agar tanaman kangkung air tumbuh dengan baik. Lakukan penyiangan untuk membersihkan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman kangkung.

Baca juga: Hama dan Penyakit Tanaman Kangkung Lengkap dengan Cara Mengendaikannya

Selain itu, lakukan juga pengendalian hama dan penyakit dengan cara menyemprotkan pestisida alami.

Pemanenan

Kangkung air bisa dipanen setelah berumur 11 hari setelah tanam. Cara panennya yaitu dengan memotong batang tanaman tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com