Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Ciri Buah Durian yang Kekurangan Unsur Hara

Kompas.com - 01/08/2023, 19:11 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lazimnya, durian yang berkualitas memiliki rasa manis, tekstur pulen, dan beraroma sedap. Namun, kekurangan unsur hara bisa mengakibatkan kualitas buah durian menurun.

Maka dari itu, pemberian pupuk berimbang harus diperhatikan dengan baik agar mutu buah durian terjaga. Menurut penjelasan di Cybext Kementerian Pertanian, secara umum ciri buah durian yang kekurangan unsur hara, seperti berikut.

1. Tekstur daging buah keras

Ciri pertama buah durian yang kekurangan unsur hara yaitu tekstur daging buahnya mangkel atau keras. Sering juga terdapat buah yang jatuh sebelum masak.

Baca juga: 7 Cara Memperlebat Durian agar Panennya Menguntungkan

Gejala ini biasanya ditemukan pada varietas durian yang menghasilkan buah berukuran besar seperti durian montong.

Ilustrasi buah durian.SHUTTERSTOCK/TAVEESAK SRISOMTHAVIL Ilustrasi buah durian.

2. Warna daging buah tidak merata

Kekurangan nutrisi atau unsur hara juga bisa menyebabkan warna daging buah durian tidak merata. Kondisi tersebut diduga karena tanaman durian kekurangan kalsium.

Kekurangan kalsium saat pembungaan bisa menyebabkan bunga rontok. Biasanya, gejala ini ditemukan pada varietas durian yang menghasilkan buah besar, seperti durian montong.

3. Rasa buah hambar

Buah durian yang kekurangan unsur hara memiliki rasa yang kurang enak. Gejala ini banyak muncul ketika pematangan buah diiringi curah hujan tinggi.

Baca juga: Aturan Pemberian Pupuk untuk Bunga Pohon Durian agar Tidak Rontok

Selain itu, buah durian juga bisa mengalami sulur buah basah atau wet core yang disebabkan akumulasi air berlebihan dalam tanah dan kekurangan kalium.

4. Buah kering atau terbakar sebagian

Ciri buah durian yang kekurangan unsur hara lainnya yaitu buah durian kering atau terbakar sebagian. Gejala ini biasanya disebabkan oleh kekurangan boron. Gejala ini biasanya muncul bersamaan kekurangan unsur hara lain seperti kekurangan kalsium dan kalium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com