Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sangat Mudah, Begini Langkah-Langkah Membuat Pupuk dari Kulit Pisang

Kompas.com - 02/08/2023, 19:15 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulit pisang merupakan salah satu limbah organik yang bisa diolah menjadi pupuk. Hal tersebut dikarenakan limbah ini mengandung banyak nutrisi, seperti; kalium fosfor, kalsium, sodium, mangan, sulfur, dan magnesium.

Proses pembuatan pupuk dari kulit pisang juga cukup mudah. Biasanya limbah kulit buah tersebut diolah menjadi pupuk cair. Melansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (2/8/2023), berikut langkah-langkah pembuatannya.

Bahan dan alat

Sebelum memulai pembuatan pupuk organik cair dari kulit pisang, langkah awal yang perlu dilakukan yaitu menyiapkan bahan dan alat. Beberapa bahan dan alat yang diperlukan, antara lain;

Baca juga: Jangan Dibuang, Begini Cara Membuat Pupuk dari Kulit Bawang Merah

Ilustrasi pembuatan pupuk dari kulit pisangShutterstock/iva Ilustrasi pembuatan pupuk dari kulit pisang

  1. Kulit pisang
  2. Air bersih
  3. Gula pasir
  4. Botol bekas minuman
  5. Blender (optional)

Cara membuat pupuk dari kulit pisang

Pembuatan pupuk dari limbah kulit pisang diawali dengan membersihkan botol bekas minuman yang akan menjadi wadah. Kemudian, haluskan pisang menggunakan blender atau jika tidak ada blender bisa dengan cara mencincang kecil kulit buah tersebut.

Setelah itu, masukkan gula pasir ke dalam botol. Apabila ukuran botol yang digunakan 250 ml, maka jumlah gula yang ditambahkan cukup 1 sendok makan. Namun, apabila ukurannya 1500 ml, maka gula pasir yang digunakan sebanyak 2 sendok makan.

Larutkan gula pasir dan masukkan kulit pisang ke dalam botol berisi larutan gula. Tambahkan lagi air bersih sampai batas leher botol.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk dari Limbah Pisang dan Cangkang Telur

Tutup botol dengan rapat dan diamkan selama 7 hingga 10 hari. Jangan lupa untuk membuka tutup botol setiap hari agar gas di dalamnya keluar.

Cara aplikasi pupuk cair dari limbah kulit pisang

Setelah proses fermentasi selesai, pupuk cair tersebut bisa diaplikasikan ke tanaman. Caranya dengan menyiramkan langsung ke media tanam.

Saat penyiraman, pastikan pupuk tidak mengenai batang dan daun tanaman, terlebih pada tanaman yang terkena sinar matahari langsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com