Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Jeruk Lemon Cui di Pot

Kompas.com - 16/10/2022, 09:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu varietas jeruk yang ada di Indonesia adalah jeruk lemon cui (Citrus microcarpa), yang juga dikenal dengan nama jeruk kasturi, jeruk manado, atau lemon cina. Lemon cui banyak dijumpai di wilayah Indonesia bagian timur, seperti di Sulawesi dan Maluku.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Minggu (16/10/2022), secara fisik, buah lemon cui memiliki ukuran mini seperti jeruk nipis. Buahnya memiliki diameter 3 sampai 4 cm dan berwarna kuning semburat hijau.

Kulit buahnya lebih halus dan lunak. Daunnya berwarna hijau tua mengkilap dan berakar tunggang.

Baca juga: 5 Jenis Perawatan Jeruk Baby agar Tumbuh dengan Baik

Ilustrasi tanaman jeruk lemon cui atau jeruk kasturi. PIXABAY/HARTONO SUBAGIO Ilustrasi tanaman jeruk lemon cui atau jeruk kasturi.

Keistimewaan jeruk lemon cui adalah pertumbuhannya terbilang mudah dan cepat, serta memiliki aroma yang sangat kuat dan memiliki rasa asam yang khas.

Lemon cui mengandung vitamin C dan berbagai mineral penting, sehingga tak heran jika lemon cui ini memiliki banyak manfaat.

Di bidang farmasi dan kosmetik, kandungan senyawa limonin dan hesperedin memiliki efek ekspektorat (mengencerkan lendir), antiseptik, antioksidan, antitoksik (mengeluarkan racun), diuretik (peluruh kencing), antiradang, dan astringent.

Kandungan saponin dan flavonoid dalam buah lemon cui juga berperan dalam penanganan diabetes dan jantung. Senyawa fitokimianya juga bisa menghambat pertumbuhan mikroba.

Baca juga: Perbedaan Jeruk Nipis, Jeruk Purut, Jeruk Limau, dan Jeruk Lemon

Selain itu, asam folat yang terkandung dalam lemon cui juga bermanfaat bagi ibu hamil dan mencegah cacar bawaan pada bayi.

Anda dapat menanam lemon cui di pot untuk dapat memanennya dan menikmatinya di rumah bersama keluarga.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com