Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Merawat Pisang agar Pertumbuhan dan Produktivitasnya Optimal

Kompas.com - 19/12/2022, 17:33 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pisang merupakan buah yang cukup familiar bagi masyarakat Indonesia. Bahkan, buah ini sering ditanam di pekarangan rumah.

Akan tetapi, untuk menghasilkan buah pisang yang berkualitas, maka tanaman harus dirawat dengan baik. Dengan demikian, tanaman akan tumbuh dengan baik dan produktivitas tanaman optimal.

Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Senin (19/12/2022), cara merawat pisang meliputi penyiangan, penggemburan, pengairan, pemangkasan, penjarangan anakan, dan perawatan tanda. Berikut penjelasan lengkapnya.

Baca juga: Simak, 6 Tips Menanam Pohon Pisang agar Cepat Berbuah

Penyiangan

Ilustrasi pohon pisang, tanaman pisang, budidaya pisang.SHUTTERSTOCK/UNDERWORLD Ilustrasi pohon pisang, tanaman pisang, budidaya pisang.

Penyiangan dilakukan untuk membersihkan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman pisang. Penyiangan bisa dilakukan sebanyak 3 hingga 4 kali setahun atau menyesuaikan dengan populasi gulma di area tersebut.

Penggemburan

Selain penyiangan, area budidaya pisang juga harus rutin digemburkan. Tujuannya agar perakaran dan bonggol pisang dapat berkembang dengan optimal.

Penyiraman

Cara merawat pisang berikutnya yaitu penyiraman. Kegiatan perawatan ini harus dilakukan dengan rutin, terutama saat musim kemarau.

Baca juga: 3 Jenis Pupuk untuk Pisang dari Bahan Organik

Pasalnya, tanaman pisang termasuk tanaman yang peka terhadap kekurangan air. Apabila tanaman pisang kekurangan air saat bunga mulai keluar, maka daun dan buah yang dihasilkan akan mengalami gejala klorosis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com