Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Cara Mengendalikan Lalat Buah pada Cabai

Kompas.com - 28/06/2023, 22:38 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cabai merupakan salah satu komoditas unggulan yang nilai jualnya tinggi. Serangan hama seperti lalat buah bisa membuat petani merugi.

Hama tersebut dapat menyebabkan kualitas cabai yang dihasilkan menurun. Akibatnya, niat jualnya juga menjadi turun.

Oleh sebab itu, petani cabai perlu mewaspadai serangan lalat buah pada cabai. Melansir dari Cybext Kementerian Pertanian, berikut beberapa cara mengendalikan lalat buah pada cabai.

Baca juga: Cara Mengendalikan Hama Lalat Buah Tanaman Cabai Merah Keriting

Sanitasi lahan

Lahan yang akan digunakan untuk menanam cabai, sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu. Apalagi jika lahan tersebut sebelumnya ditanami cabai, timun, pare dan gambas.

Ilustrasi tanaman cabai, pohon cabai, menanam cabai.SHUTTERSTOCK/TATIANA MALIUK Ilustrasi tanaman cabai, pohon cabai, menanam cabai.

Hal ini karena tanaman tersebut dapat menjadi inang bagi lalat buah. Bersihkan lahan dari sisa tanaman sebelumnya, gulma, dan ranting tanaman. Buang sampah tersebut jauh dari lahan atau dikubur di dalam tanah.

Memasang atraktan

Pencegahan merupakan langkah terbaik yang dapat dilakukan sebelum adanya serangan. Atraktan merupakan senyawa pemikat yang dapat memancing lalat buah jantan untuk masuk ke dalam perangkap.

Salah satu atraktan yang dapat digunakan adalah metil eugenol. Masukan methyl eugenol ke dalam botol plastik yang sudah diisi sedikit air.

Baca juga: Tips Menanam Cabai Bebas Hama dan Penyakit

Lalat buah jantan yang terperangkap, membuat lalat buah betina tidak bisa bertelur. Cara ini akan memutus siklus perkembanganbiakan lalat buah.

Menggunakan lem perangkap

Cara mengendalikan lalat buah pada cabai juga bisa menggunakan lem perangkap. Pada cara ini, bukan hanya lalat jantan saja yang dapat terperangkap, namun lalat betina juga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com