Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Semangka agar Buahnya Melimpah

Kompas.com - 30/09/2022, 11:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Semangka adalah salah satu buah populer yang digemari masyarakat. Semangka memiliki rasa yang manis dan mengandung banyak air yang menyegarkan.

Untuk Anda yang menanam semangka atau budidaya semangka, tentu hasil yang diinginkan adalah buahnya melimpah. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan saat menanam semangka agar buahnya melimpah.

Dikutip dari laman Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten, Jumat (30/9/2022), berikut cara menanam semangka agar buahnya melimpah.

Baca juga: Tips Menanam Semangka Kuning agar Tumbuh Subur

Ilustrasi semangka kuning.SHUTTERSTOCK/DEENIDA Ilustrasi semangka kuning.

1. Syarat tumbuh tanaman semangka

Tanaman semangka cocok untuk daerah dengan curah hujan berkisar antara 40 sampai 50 mm setiap bulannya. Semangka cocok untuk ditanam di daerah atau tempat dengan suhu kurang lebih 25 derajat celcius pada siang hari.

Dengan demikian, jika ingin budidaya semangka, Anda tidak perlu takut dengan kondisi lahan, karena tanaman semangka bisa tumbuh di daratan dataran tinggi ataupun dataran rendah.

Untuk kelembapan udara, tanaman semangka cocok untuk daerah yang kering dan cenderung miskin akan uap air.

Tanaman semangka cocok untuk lahan yang memiliki lahan yang tidak ada naungannya atau cocok untuk daerah yang terkena sinar matahari secara langsung.

Baca juga: 8 Varietas Semangka Tanpa Biji, Apa Saja?

Kurangnya cahaya matahari dapat mengganggu proses perkembangan tanaman semangka, dan kemungkinan besar proses pemanenan akan mundur.

Adapun kondisi tanah atau lahan tanaman semangka cocok untuk daerah yang gembur memiliki unsur hara yang tinggi. pH tanah tanaman semangka cocok pada kisaran 6 sampai 6,7.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com