Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Talas Jepang, Tanaman Pangan yang Potensial

Kompas.com - 13/11/2022, 13:58 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Talas Jepang atau satoimo merupakan tanaman pangan alternatif yang cocok dikembangkan di Indonesia. Budidaya talas Jepang juga memiliki prospek bisnis yang menjanjikan apabila ditanam dan dirawat dengan benar.

Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (13/11/2022), tahapan budidaya satoimo diawali dengan menyiapkan bibit, menyemai, mengolah lahan, menanam, memelihara, dan memanen. Berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Cara Menanam Talas agar Umbinya Besar

Menyiapkan bibit

Bibit talas Jepang dapat diambil dari umbi talas Jepang yang umurnya sudah 6 bulan. Gunakanlah bibit umbi yang sudah melewati masa dormansi. Ukuran umbi yang digunakan sebaiknya sekitar 20 sampai 50 gram/umbi.

Ilustrasi talas.SHUTTERSTOCK / Poring Studio Ilustrasi talas.

Menyemai bibit

Sebelum disemai, bibit talas Jepang direndam terlebih dahulu dalam fungisida dan bakterisida selama 5 menit. Setelah itu, siapkan tanah gembur yang sudah diberi pupuk kompos dengan perbandingan 1:2.

Bibit kemudian ditanam pada media semai tersebut. Setelah itu, letakkan pada tempat yang ternaungi sampai bibit berumur 2 minggu dan mempunyai 1 sampai 2 helai daun.

Baca juga: Cara Memperbanyak Umbi Kentang

Persemaian bibit talas Jepang harus dirawat dengan baik, salah satunya dengan memberikan pupuk Gandasil setiap seminggu sekali sebanyak 5 cc/liter. Pupuk tersebut diberikan saat tanaman berumur 1 sampai 2 bulan, lalu pindahkan bibit ke lahan tanam.

Mengolah lahan yang akan digunakan untuk menanam talas Jepang

Lahan yang akan digunakan untuk menanam talas Jepang harus dibersihkan terlebih dahulu dari gulma dan bebatuan yang ada di lahan tersebut. Setelah itu, gemburkan lahan dan buat guludan dengan lebar 120 cm dan tinggi sekitar 15 sampai 20 cm. Atur juga jarak tanam sekitar 60 x 50 cm.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com