Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Penanganan Pasca-panen Cabai agar Tidak Mudah Rusak

Kompas.com - 14/12/2022, 14:47 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cabai adalah jenis tanaman yang berasal dari wilayah tropis. Cabai dikenal karena buahnya yang mengandung banyak capsaicin yang memberikan rasa pedas pada makanan.

Banyak orang yang menggunakan cabai dalam masakan untuk menambah rasa pedas. Selain itu, cabai juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, seperti mengurangi rasa sakit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, serta mengandung vitamin C dan A.

Panen cabai dilakukan ketika buah cabai sudah matang dan memiliki warna yang terang seperti merah dan orange. Umur panen cabai berbeda-beda tergantung pada varietas yang digunakan.

Baca juga: Simak, Cara Merangsang Pembuahan Cabai

Biasanya, panen cabai dilakukan sekitar 60 sampai 90 hari setelah tanaman. Proses panen dapat dilakukan dengan dipetik menggunakan tangan secara langsung, maupun menggunakan alat seperti gunting.

Ilustrasi cabai merah besarArina Krasnikova Ilustrasi cabai merah besar

Cabai merupakan buah yang mudah rusak setelah dipanen. Oleh sebab itu, harus dilakukan penanganan pasca panen cabai yang sesuai.

Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas dan meningkatkan daya simpan yang lebih lama. Lalu, bagaimana cara penanganan pasca panen cabai? Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (14/12/2022), berikut penjelasannya.

1. Pembersihan

Langkah pasca panen yang pertama yaitu melakukan pembersihan. Setelah cabai dipanen dari lahan, tentu akan membawa hama, kotoran dan benda lain yang terbawa, seperti tanah maupun rumput liar.

Baca juga: Tips Mengatasi Busuk Buah Cabai agar Tidak Gagal Panen

Pembersihan dapat dilakukan secara manual menggunakan tangan dan menggunakan kain bersih untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com