Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Merawat Tanaman Bonsai agar Tumbuh dengan Baik

Kompas.com - 03/01/2023, 10:32 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bonsai diketahui sebagai ilmu yang digunakan untuk untuk mengkerdilkan tanaman. Dengan menerapkan ilmu ini, maka tanaman bisa dibentuk menjadi ukuran yang lebih kecil.

Tentu saja penerapan ilmu ini butuh pengetahuan, kemampuan teknis, ketelitian, dan jiwa seni. Setelah menghasilkan tanaman bonsai yang indah, teknik perawatannya pun tidak boleh sembarangan.

Dikutip dari buku Tip Merawat Tanaman Hias, Selasa (3/1/2023), berikut sejumlah tips merawat tanaman bonsai yang perlu diperhatikan.

Baca juga: 5 Tanaman Hias dalam Ruangan, Bisa Menjadi Dekorasi Rumah

Pastikan media tanam yang digunakan subur

Ilustrasi tanaman bonsai, pohon bonsai. PIXABAY/KIAN2018 Ilustrasi tanaman bonsai, pohon bonsai.

Media tanam yang tepat akan membuat tanaman tumbuh dengan baik. Media tanam yang cocok untuk tanaman bonsai yaitu bahan organik dan batu pasir kasar. Sementara itu, campuran media tanam yang dapat digunakan untuk menanam tanaman bonsai yaitu sekam, humus, dan tanah berpasir dengan perbandingan 1:1:1.

Penyiraman

Tanaman bonsai sebaiknya disiram rutin setiap pagi dan sore hari. Bonsai biasanya ditanam pada pot dangkal, sehingga air cepat menguap.

Oleh karena itu, penyiraman harus rutin supaya media tanam tetap lembap. Anda bisa menggunakan sprayer harus agar penyiraman tidak merusak perakaran.

Baca juga: Cara Menanam Kaktus, Tanaman Hias yang Minim Perawatan

Pemupukan

Berbeda dengan tanaman hias lainnya, pemupukan bonsai tidak akan memicu pertumbuhan. Pemupukan bertujuan untuk menjaga ketersediaan unsur hara pada media tanam tersebut.
Pupuk yang digunakan yaitu pupuk slow release. Jenis pupuk dipilih karena bisa menyediakan unsur hara dalam waktu yang lama.

Gunakan pot yang tepat

Pot yang digunakan untuk menanam tanaman bonsai harus sesuai dengan tinggi tanaman. Sebaiknya pilih pot dengan diameter 1/3 sampai 1/2 kali dari tinggi tanaman tersebut.

Membentuk tanaman

Pembentukan tanaman sebaiknya rutin dilakukan agar tanaman tetap memiliki bentuk yang indah. Batang tanaman bisa dililitkan pada kawat. Atur sedemikian rupa sampai tanaman memiliki bentuk yang diinginkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com