Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Merawat Terarium agar Tetap Estetik

Kompas.com - 22/02/2023, 17:43 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Terarium adalah metode menanam tanaman hias dalam wadah tembus pandang, seperti toples, gelas, botol, dan lain sebagainya. Terarium dikenal juga dengan nama taman mini karena ukurannya kecil, sehingga bisa ditempatkan di dalam ruangan.

Membuat terarium ternyata cukup mudah. Selain proses pembuatannya mudah, merawat terarium juga tidak sulit. Dikutip dari buku Terarium: Tanaman Dalam Kaca, Rabu (22/2/2023), berikut ini cara merawat terarium dengan mudah agar tanaman hias tetap tumbuh dengan baik.

Baca juga: Mengenal Terarium, Budidaya Tanaman Hias yang Unik dan Estetik

1. Penyiraman

Kegiatan penyiraman harus disesuaikan dengan karakteristik tanaman. Pasalnya, ada tanaman yang memerlukan intensitas penyinaran tinggi, namun ada juga yang membutuhkan penyiraman rendah. Maka dari itu, perlu untuk mengetahui karakteristik tanaman terarium sebelum menanamnya.

2. Pengaturan cahaya

Cara merawat terarium berikutnya yaitu mengatur cahaya. Sama seperti penyiraman, penyinaran matahari juga harus disesuaikan dengan karakteristik tanaman.

Ilustrasi terarium, tanaman di dalam terarium. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi terarium, tanaman di dalam terarium.

3. Pemangkasan

Pemangkasan juga perlu dilakukan agar tanaman terarium tidak terlalu rimbun. Pasalnya, tanaman dalam terarium yang terlalu rimbun bisa menyebabkan persaingan nutrisi, maka dari itu perlu dilakukan pemangkasan secara rutin.

Baca juga: Cara Membuat Terarium dengan Mudah

4. Membersihkan wadah

Daun-daun tanaman yang gugur juga perlu dibersihkan dengan rutin. Kegiatan pemeliharaan ini berguna untuk membuat penampilan terarium tetap estetik.

5. Pengaturan suhu

Pengaturan suhu juga menjadi salah satu cara merawat terarium. Suhu dalam terarium juga disesuaikan dengan tanaman yang ditanam.

Meskipun demikian, suhu ruangan sebenarnya tidak berperan terlalu banyak dalam pertumbuhan tanaman di dalam terarium. Hal tersebut dikarenakan rata-rata tanaman terarium rata-rata bisa hidup dan tumbuh dalam ruangan, sehingga bisa menyesuaikan diri dengan suhu ruangan.

Baca juga: 6 Media Tanam Terarium yang Mudah Didapat

6. Pemupukan

Pemupukan pada tanaman terarium sebenarnya tidak perlu terlalu sering dilakukan. Akan tetapi, pemupukan tetap dibutuhkan agar tanaman tumbuh dengan baik. Kegiatan pemupukan dapat dilakukan setiap tiga bulan sekali.

7. Pengendalian hama dan penyakit

Kegiatan perawatan tanaman terarium berikutnya yaitu mengendalikan hama dan penyakit. Sebaiknya lakukan tindakan preventif atau pencegahan agar tanaman tidak terserang hama dan penyakit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com