Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Timun Hidroponik, Bisa Dilakukan di Lahan Sempit

Kompas.com - 06/03/2023, 18:28 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Timun atau mentimun merupakan salah satu sayuran buah yang bisa ditanam secara hidroponik. Dengan metode budidaya ini, maka timun bisa ditanam di laham sempit.

Cara menanam timun hidroponik juga tidak sulit. Dikutip dari buku Dasar-dasar Bertanam Secara Hidroponik, Senin (6/3/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Persiapan benih

Benih yang akan ditanam sebaiknya direndam terlebih dahulu selama 2 jam. Benih yang tenggelam dipilih untuk disemai, sedangkan yang mengapung bisa dibuang.

Baca juga: Cara Menanam Timun agar Berbuah Lebat

Penyemaian benih

Benih terpilih kemudian disemai menggunakan media rocwool. Tempatkan rockwool utuh di atas baki semai lalu basahi menggunakan air.

Ilustrasi tanaman mentimun, menanam mentimun. WIKIMEDIA COMMONS/MIKHEIL Ilustrasi tanaman mentimun, menanam mentimun.

Setelah itu, kering anginkan dan buat lubang tanam. Letakkan benih timun pada lubang tanam tersebut.

Tempatkan pesemaian di are ayang sejuk dan pastikan untuk menutup rockwool dengan plastik hitam. Penyemaian dilakukan sampai benih tumbuh menjadi bibit dengan ketinggian sekitar 3 cm.

Persiapan median tanam

Menanam mentimun hidroponik bisa menggunakan media tanam gambut, arang sekam, pasir atau gambus. Pemilihan media tanam bisa disesuaikan dengan jenis hidroponik yang akan diterapkan. Namun, biasanya petani menggunakan arang sekam sebagai media tanam.

Baca juga: Cara Menanam Timun Jepang agar Panennya Melimpah

Penanaman

Cara menanam timun hidroponik cukup dengan meletakkan bibit di dalam pot yang berisi media tanam. Kemudian pot tersebut ditempatkan pada pipa paralon yang sudah dilubangi.

Perawatan

Kegiatan perawatan tanaman timun diawali dengan melakukan penyulaman yakni mengganti tanaman yang mati atau rusak. Penyulaman biasanya dilakukan 14 hari setelah tanam.

Selain itu, lakukan juga penyiraman dan pemberian nutrisi dengan tepat. Pengecekan nutrisi dilakukan secara rutin.

Anda juga disarankan untuk memasang ajir dari bilah bambu sebagai tempat merambat. Berikutnya Anda juga perlu mengecek tingkat serangan hama dan penyakit serta melakukan pemangkasan.

Baca juga: Jenis Pupuk untuk Timun agar Berbuah Lebat

Panen

Tanaman timun hidroponik sudah bisa dipanen setelah mencapai ukuran buah yang sesuai. Untuk timun jepang, biasanya buah yang dipanen berukuran 11 cm.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com