Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Berkebun di Bulan Puasa, Cocok untuk Mengisi Waktu Luang

Kompas.com - 29/03/2023, 19:19 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkebun merupakan kegiatan yang menyenangkan dan. Kegiatan berkebun juga dapat memberikan manfaat seperti; mengurangi stres, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan kebugaran tubuh.

Selain itu, berkebun juga dapat menjadi salah satu alternatif kegiatan untuk mengisi waktu luang di bulan puasa. Namun, kegiatan berkebun di bulan Ramadan memerlukan penyesuaian dengan waktu dan kondisi tubuh yang sedang menjalani ibadah puasa.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips berkebun di bulan puasa. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga: Cara Berkebun Bawang Putih agar Hasilnya Menguntungkan

1. Memilih jenis tanaman yang tepat

Memilih jenis tanaman yang akan dibudidayakan tidak sulit. Namun Anda harus mempertimbangkan hal-hal seperti lokasi kebun, musim tanam, dan mempertimbangkan jenis tanaman yang akan dibudidayakan. Selain itu, pilih tanaman yang mudah untuk dirawat.

Ilustrasi berkebun.Freepik Ilustrasi berkebun.

2. Menentukan media tanam

Media tanam merupakan tempat tumbuh dan penyedia makanan bagi tanaman. Tanaman akan tumbuh dengan subur apabila menggunakan media tanam yang tepat.

Media tanam dari bahan alami seperti campuran tanah dan pupuk kompos sangat disukai oleh tanaman. Anda dapat memasukan media tanam tersebut ke dalam polybag maupun pot tanaman.

Baca juga: Cara Menanam Mawar di Pot, Mudah dan Cepat Tumbuh

3. Perhatikan posisi tanaman

Tanaman memerlukan cahaya matahari untuk proses fotosintesis. Oleh karena itu, letakan tanaman pada posisi yang terkena sinar matahari langsung.

Tanaman yang ternaungi atau tidak mendapat sinar matahari, pertumbuhannya akan terganggu seperti memiliki batang yang kurus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com