Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Membasmi Ulat Bulu pada Tanaman

Kompas.com - 17/04/2023, 11:48 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ulat bulu menjadi salah satu hama yang meresahkan. Hama ini bisa ditemukan di segala jenis tanaman.

Bahkan, hama ini bisa menyerang tanaman yang ditanam di halaman rumah, seperti pohon mangga, bunga, dan lain sebagainya. Selain merusak tanaman, hama ini juga bisa menyebabkan gatal-gatal pada kulit.

Oleh karena itu, perlu tindakan yang tepat untuk mengendalikan hama ulat bulu. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Senin (17/4/2023), berikut cara membasmi ulat bulu pada tanaman.

Baca juga: 5 Cara Mengendalikan Ulat Grayak Bawang Merah

Penyebab serangan ulat bulu

Ada banyak hal yang menyebabkan serangan ulat bulu. Faktor yang pertama yaitu temperatur lingkungan yang meningkat akibat perubahan cuaca yang ekstrim dan perubahan iklim.

Ilustrasi ulat pada tanamanPixabay/adege Ilustrasi ulat pada tanaman

Selain itu, ketidakseimbangan alam juga bisa menyebabkan predator ulat bulu berkurang. Akibatnya, serangan hama ini semakin tinggi.

Sementara itu, faktor tidak langsung yang bisa menyebabkan serangan ulat bulu yaitu budidaya jenis pohon yang homogen atau seragam. Maka dari itu, sebaiknya tanam beberapa jenis tanaman yang berbeda agar tidak menjadi inang hama tersebut.

Cara membasmi ulat bulu pada tanaman

Populasi ulat bulu penting untuk diamati dan dipantau dengan seksama. Tujuannya agar dapat mengetahui tindakan pengendalian yang tepat.

Baca juga: Cara Mengendalikan Ulat Tanah pada Tanaman Jagung

Beberapa cara pengendalian ulat bulu yang bisa dilakukan, antara lain;

  • Pengasapan, pengumpulan dan pemusnahan ulat maupun pupa.
  • Menggunakan agensia hayati seperti Metarhizium sp., Beauveria sp., atau Verticillium sp.
  • Menaburkan abu gosok di sekitar tanah tempat tumbuh tanaman.
  • Mengembalikan keseimbangan rantai makanan.
  • Menyemprotkan disinfektan.

Sementara itu, pengendalian jangka panjang yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan identifikasi seputar biologi dan agroekologi ulat tersebut. Pengendalian ulat bulu menggunakan insektisida kimia sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan.

Penyemprotan insektisida hanya boleh dilakukan apabila serangan ulat bulu sudah sangat masif dan berisiko menyebabkan kerugian tinggi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com