Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Menyimpan Kentang agar Tahan Lama

Kompas.com - 29/04/2023, 09:50 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kentang merupakan umbi-umbian yang sangat sering dikonsumsi oleh masyarakat. Umbi kentang dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan bahkan camilan. Seperti sup, perkedel, kentang goreng dan salad.

Kandungan karbohidrat dan seratnya yang tinggi, membuat perut kenyang lebih lama setelah mengkonsumsi umbi ini. Kentang merupakan umbi yang dapat disimpan dalam waktu yang cukup panjang.

Namun, cara penyimpanan kentang harus dilakukan dengan tepat agar kesegarannya tetap terjaga. Adapun cara menyimpan kentang agar tahan lama, seperti berikut.

Baca juga: Cara Menyiram Tanaman Kentang yang Benar agar Produksi Optimal

1. Pisahkan kentang yang busuk

Sebelum melakukan penyimpanan, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu melakukan penyortiran. Kentang yang busuk ataupun akan busuk harus dipisahkan.

Pasalnya, bisa menular pada kentang yang masih sehat. Kentang yang terluka juga sebaiknya dipisahkan, karena akan berpotensi cepat busuk.

2. Periksa kulit kentang

Pastikan kulit kentang sehat, bersih dan mulus. Perhatikan dengan baik-baik terdapat bekas serangan hama penyakit pada kulit kentang. Jika ada, segera dipisahkan.

Ilustrasi mencuci sayuran kentangkropekk_pl Ilustrasi mencuci sayuran kentang

Gosok perlahan kulit kentang, jika tidak mudah terkelupas itu tandanya kentang sudah tua. Namun sebaliknya, jika mudah terkelupas, umbi kentang masih muda ketika dipanen, sehingga tidak akan tahan lama disimpan.

Baca juga: Cara Pembibitan Kentang di Air, Mudah dan Praktis

3. Bersihkan tanah yang menempel

Cara menyimpan kentang agar tahan lama selanjutnya yaitu dengan membersihkan tanah yang menempel. Tanah dapat menjadi tempat bakteri dan penyakit yang menyerang kentang. Bersihkan tanah yang menempel pada kentang dengan kain bekas.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com