Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Brokoli dari Batang, Mudah untuk Pemula

Kompas.com - 09/05/2023, 11:38 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Brokoli merupakan sayuran yang berbentuk seperti kembang kol namun berwarna hijau. Jika dilihat sekilas brokoli tampak seperti pohon mini.

Brokoli kaya akan vitamin C dan antioksidan sehingga disebut dengan superfood. Harga brokoli cukup mahal dibanding dengan jenis sayur hijau lainnya.

Oleh sebab itu, menanam brokoli sendiri bisa jadi pilihan hidup sehat yang hemat. Tak hanya itu, budidaya brokoli juga tidak sulit.

Bahkan, batang brokoli sisa juga masih bisa ditanam kembali. Mengutip dari Positive Bloom, berikut cara menanam brokoli dari batang dengan mudah.

Baca juga: Cara Menyemai Benih Brokoli Sebelum Ditanam

Cara menanam brokoli dari batang

Menanam brokoli dari batang merupakan cara terbaik dalam mendaur ulang makanan. Penanaman diawali dengan memiliki memilih batang brokoli yang sehat, mulus, tanpa sobek, dan cacat.

Buang brokoli yang tersisa, kemudian pangkas batang hingga menjadi 5 cm. Sisakan beberapa cabang untuk brokoli bertunas.

Sayuran yang boleh dimakan kucing.PIXABAY/kgjerseth Sayuran yang boleh dimakan kucing.

Siapkan toples kaca bersih, kemudian steam dengan air panas untuk membunuh bakteri, lalu dinginkan. Isi toples kaca dengan air bersih yang dicampur dengan beberapa tetes pupuk cair.

Selanjutnya, rendam bagian bawah batang brokoli ke dalam toples kaca. Kemudian letakkan pada tempat yang terkena sinar matahari, seperti di dekat jendela dan tunggu hingga akarnya tumbuh.

Baca juga: Cara Menanam Brokoli di Pot, Bisa Dilakukan di Lahan Sempit

Selang beberapa hari akan tumbuh akar baru dan beberapa helai tunas daun. Setelah itu siapkan media tanam, karena pertumbuhan brokoli tidak cukup hanya dengan air dan matahari.

Siapkan pot dan media tanam yang terbuat dari campuran tanah, kompos, pasir, dan sekam. Memasukkan media tanam ke dalam pot sebanyak ¾ bagian.

Buat lubang di tengahnya dan masukkan batang brokoli ke dalam lubang tersebut lalu tutup dengan sisa media tanam dan padatkan.

Basahi media tanam secukupnya kemudian letakkan di tempat teduh selama beberapa hari, setelah itu bisa diletakkan di tempat yang mendapat sinar matahari cukup. Brokoli membutuhkan sinar matahari selama 6 hingga 8 jam setiap hari.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Brokoli yang Benar

Brokoli merupakan tanaman musim dingin sehingga bisa tumbuh dengan baik pada lingkungan dataran tinggi yang memiliki iklim sejuk dengan suhu sekitar 15 sampai 21°C. Brokoli bisa tumbuh dengan baik pada tanah yang memiliki pH 6.0 hingga 7.0.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com