Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tips Meningkatkan Produktivitas Jagung

Kompas.com - 15/05/2023, 16:59 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jagung merupakan salah satu komoditas penting yang bernilai ekonomi tinggi. Di Indonesia, jagung menjadi salah satu tanaman pangan selain padi.

Selain itu, jagung juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri, pakan ternak, hingga biofuel. Melihat tingginya kebutuhan jagung membuat petani terus berupaya untuk meningkatkan produktivitas tanaman jagung yang ditanamnya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitas tanaman jagung. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, berikut tips meningkatkan produktivitas jagung dengan tepat.

Baca juga: 3 Jenis Benih Jagung yang Biasa Ditanam Petani

1. Penanaman benih berkualitas

Benih berkualitas merupakan salah satu faktor yang meningkatkan produktivitas tanaman. Maka dari itu, pastikan memilih benih berkualitas dari varietas unggul agar pertumbuhan dan produktivitas tanaman maksimal.

Ilustrasi jagung manis, tanaman jagung manis, menanam jagung manis.SHUTTERSTOCK/TON PHOTOGRAPHER 4289 Ilustrasi jagung manis, tanaman jagung manis, menanam jagung manis.

2. Pengenalan dan kondisi tanah

Pengenalan dan pengujian kondisi tanah harus dilakukan. Pasalnya, tanah dan lingkungannya sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Struktur tanah juga perlu diperhatikan seperti kepadatan tanah, kandungan unsur hara, hingga topografinya.

3. Kenali potensi hasilnya

Petani jagung juga perlu mengenal potensi hasil dari tanaman yang dibudidayakan. Potensi hasil bisa diketahui dari kemasan benih yang dijual. Maka dari itu, baca terlebih dahulu informasi pada kemasan benih sebelum membelinya.

Baca juga: Tips Menanam Jagung Hibrida agar Bertongkol Besar

4. Menanam di waktu yang tepat

Penanaman jagung di waktu yang tepat juga penting untuk diperhatikan. Tentu saja tujuannya agar tanaman bisa tumbuh dengan maksimal.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com