Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Timun di Musim Kemarau agar Tumbuh dengan Baik

Kompas.com - 06/06/2023, 14:15 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Timun termasuk jenis sayuran yang cocok ditanam di musim kemarau. Tanaman ini akan tumbuh dengan baik pada wilayah yang beriklim panas.

Sementara itu, penanaman timun di lahan beriklim basah sebaiknya dilakukan di musim kemarau. Pasalnya, tanaman timun tidak tahan terhadap hujan lebat.

Selain memperhatikan syarat tumbuh, teknik budidaya juga perlu diperhatikan dengan benar. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (6/6/2023), berikut ini cara menanam timun yang benar.

Baca juga: Cara Menanam Timun di Polybag, Bisa Panen Berulang Kali

Pengelolaan lahan

Menanam timun di musim kemarau diawali dengan menyiapkan lahan terlebih dahulu. Pilihlah tanah yang ringan di tempat yang terbuka dan terkena sinar matahari langsung karena tanaman timun menyukai iklim panas.

Ilustrasi mentimun, menanam mentimun. SHUTTERSTOCK/DARYA KOMAROVA Ilustrasi mentimun, menanam mentimun.
Tanah kemudian dibajak dan diratakan. Saat pengolahan lahan, berikan juga pupuk kompos. Lalu, buat aluran dangkal berjarak 120 sampai 150 cm.

Penanaman

Penanaman timun bisa dilakukan menjelang kemarau. Cara menanam timun dilakukan dengan meletakkan biji pada alur yang sudah dibuat. Kemudian tutup dengan tanah agar biji bisa cepat tumbuh.

Penyiraman

Meskipun menyukai cuaca panas, namun tanaman timun tetap memerlukan air untuk menunjang pertumbuhannya. Maka dari itu, jangan lupa untuk menyiram tanaman timun terutama di awal penanaman. Akan tetapi, penyiraman tidak boleh berlebih karena terlalu banyak air bisa membuat tanaman busuk.

Baca juga: Cara Menanam Timun Suri Hidroponik dengan Sistem Fertigasi

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com