Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Fungisida Organik dari Kunyit, Lengkuas, dan Jahe

Kompas.com - 21/06/2023, 11:48 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Fungisida adalah jenis pestisida yang digunakan untuk mengendalikan jamur patogen tanaman. Jika dilihat dari bahan pembuatannya, fungisida terbagi atas fungisida kimia atau sintesis dan fungisida alami atau organik.

Jenis fungisida yang banyak dijumpai di pasaran yaitu fungisida kimia. Fungisida ini efektif untuk mengendalikan jamur patogen dalam waktu singkat.

Sayangnya, penggunaan yang berlebihan bisa menimbulkan dampak negatif seperti; menyebabkan resistensi, merusak air dan tanah, merusak tanaman, hingga mengganggu kesehatan manusia. Menyadari dampak negatif yang dapat ditimbulkan, kini mulai banyak petani yang beralih ke jenis fungisida organik.

Baca juga: 10 Cara Membuat Fungisida Alami untuk Tanaman, Pakai Susu hingga Cuka

Sesuai dengan namanya, fungisida ini terbuat dari bahan organik atau alami sehingga relatif lebih aman. Tak hanya itu efektivitas fungisida ini juga cukup bagus jika diaplikasikan dengan tepat.

Ilustrasi kunyit, salah satu bahan alami yang bisa diolah menjadi fungisida organikstevepb Ilustrasi kunyit, salah satu bahan alami yang bisa diolah menjadi fungisida organik

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat fungisida organik juga mudah dijumpai. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (21/6/2023), beberapa bahan yang dapat digunakan untuk membuat fungisida organik, antara lain; kunyit, lengkuas, dan jahe.

Ketiganya bisa digunakan secara bersamaan dengan perbandingan 1:1:1. Bagaimana cara membuatnya? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Cara mengolah bahan alami menjadi fungisida

Cara membuat fungisida organik sebenarnya sangat mudah. Setelah semua bahan tersedia, haluskan bahan-bahan tersebut.

Anda bisa menambahkan sedikit air agar teksturnya tidak terlalu kental. Kemudian, saring bahan-bahan tersebut sampai mendapatkan larutan dari ketiga bahan tersebut. Larutan fungisida organik tersebut sudah bisa diaplikasikan ke tanaman.

Baca juga: Cara Membuat Fungisida Alami, Mudah dan Murah

Cara menggunakan fungisida organik ke tanaman

Setelah proses pembuatan selesai, fungisida organik bisa langsung diaplikasikan ke tanaman. Cara aplikasinya cukup dengan mengambil 2 hingga 3 sendok makan larutan fungisida, lalu campurkan dengan air sebanyak 1 tangki sprayer.

Aduk sampai larutan fungisida tercampur dengan air. Kemudian, semprotkan ke seluruh bagian tanaman. Aplikasi fungisida ini bisa menjadi upaya pencegahan agar tanaman tidak terserang jamur patogen penyebab penyakit tanaman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com