Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Sayuran di Polybag, Mudah Dilakukan

Kompas.com - 26/06/2023, 15:41 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam sayuran tidak harus dilakukan di tanah. Salah satu cara menanam sayuran adalah dengan polybag, yang cukup mudah dilakukan.

Dilansir laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Senin (26/6/2023), jenis tanaman yang bisa ditanam di polybag antara lain tanaman hortikultura seperti sayuran, umbi-umbian dan kacang-kacangan, serta tanaman obat. Budidaya sayuran lebih digemari sebagai tanaman dalam polybag karena cukup mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan perawatan yang sulit.

Dalam budidaya sayuran, hal terpenting yang harus diperhatikan yaitu media tanamnya. Media tanam sangat mempengaruhi bagus tidaknya perkembangan tanaman.

Baca juga: Cara Menanam Lobak di Polybag dengan Mudah

Ilustrasi menanam pakcoy di polybag.SHUTTERSTOCK/NISHOM FAHMI Ilustrasi menanam pakcoy di polybag.

Jika media tanam cocok dan bagus, akan sangat dimungkinkan tanaman tumbuh subur. Untuk tanaman sayuran, terlebih sayuran daun, biasanya membutuhkan media tanam yang gembur dan gampang ditembus akar.

Awalnya, menanam sayuran di polybag merupakan pekerjaan yang dilakukan hanya untuk mengisi waktu senggang. Namun, lambat laun berbudidaya sayuran dalam polybag berkembang menjadi bisnis rumahan yang membantu perekonomian rumah tangga.

Berikut cara menanam sayuran di polybag.

1. Tempat dan media tanam

Budidaya sayuran dalam pot atau polybag dapat memanfaatkan kaleng bekas, ember plastik, wadah bekas lainnya atau memakai pot atau polybag. Media tanam yang digunakan berupa tanah pupuk kandang atau kompos.

Baca juga: Cara Menanam Okra di Polybag, Bisa Panen 2-3 Hari Sekali

Adapun perbadingannya dapat 1 : 1, 1 : 2, atau 1 : 3 tergantung kesuburan atau berat ringannya tanah. Wadah tempat yang sudah disiapkan bawahnya dilubangi dan ditutup dengan pecahan genteng untuk aliran air siraman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com