Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Cara Menyimpan Sayuran agar Tetap Segar

Kompas.com - 15/04/2023, 17:37 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sayuran merupakan bahan pangan yang tidak tahan lama. Maka dari itu, setelah dipanen sebaiknya sayuran segera diolah agar rasanya masih enak dan nutrisinya tetap terjaga.

Akan tetapi, jika tidak memungkin untuk langsung diolah, maka penyimpanan sayuran harus dilakukan dengan benar. Salah satu cara menyimpan sayuran agar tetap segar yaitu dengan meletakkannya pada kulkas atau tempat dingin.

Dikutip dari buku Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet dan Tetap Segar, Sabtu (15/4/2023), berikut ini cara menyimpan sayuran di kulkas dengan benar.

Baca juga: 10 Jenis Sayuran Baby yang Cepat Panen dan Harganya Mahal

1. Menjaga tingkat kelembapan

Agar sayuran awet dan tetap segar, maka tingkat kelembapan harus dijaga dengan baik. Sayuran yang mengandung 90 persen air, harus dijaga dengan baik agar lebih tahan lama dan tidak mudah busuk. Terlebih jika sayuran tersebut terpapar mikroba.

Ilustrasi menyimpan sayuran di freezer. SHUTTERSTOCK/AHANOV MICHAEL Ilustrasi menyimpan sayuran di freezer.

Dalam proses penyimpanannya, pastikan sayuran tetap diberi ruang untuk bernafas. Dengan demikian penyimpanan sayur bisa dilakukan di dalam plastik kemudian diberi lubang dan letakkan di kulkas.

2. Cuci dan keringkan sayur sebelum disimpan

Sebelum disimpan, sayuran sebaiknya dicuci terlebih dahulu, kemudian dikeringkan. Pencucian bertujuan agar sayuran lebih bersih.

Baca juga: Jangan Dibuang, Ini 5 Sisa Sayuran yang Bisa Ditanam Kembali

Pasalnya, sayuran yang tidak dicuci berisiko lebih cepat busuk. Setelah sayuran dicuci dan dikeringkan, simpan sayur dalam kulkas.

3. Pisahkan sayuran dan buah

Sayuran dan buah sebaiknya disimpan pada tempat yang berbeda. Pasalnya, buah-buahan bisa menghasilkan zat etilen yang dapat mempercepat pemasakan makanan, termasuk sayuran.

Sayuran yang disimpan bersama buah berisiko lebih cepat busuk. Maka dari itu, sebaiknya sayuran ditempatkan pada rak berbeda dengan buah.

4. Simpan sayuran dalam bentuk utuh

Cara menyimpan sayuran agar tetap segar juga sebaiknya disimpan dalam bentuk masih utuh. Jadi, jika ingin menjaga kesegaran sayuran, sebaiknya jangan buru-buru potong sayuran yang akan disimpan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com