Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Perawatan Tanaman Sawo agar Tumbuh Subur dan Berbuah Banyak

Kompas.com - 05/07/2023, 20:57 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman sawo merupakan salah satu tanaman buah yang populer di wilayah tropis seperti Indonesia. Buah sawo di sukai karena memiliki daging buah yang lembut dan rasa yang manis.

Selain itu, kandungan gizi yang banyak menjadi pilihan favorit bagi para pecinta buah-buahan. Kualitas buah sawo sangat dipengaruhi oleh cara perawatannya.

Perawatan tanaman sawo memiliki beberapa tahapan. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, ini penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menanam Buah Sawo yang Benar

1. Penyinaran matahari

Sinar matahari merupakan kebutuhan penting yang diperlukan semua tanaman tidak terkecuali tanaman sawo. Penyinaran matahari yang cukup, membuat tanaman dapat menghasilkan makanan pada proses fotosintesis.

Pohon sawoPixabay/David_Miram Pohon sawo

Tanaman sawo yang kekurangan sinar matahari secara langsung, pertumbuhannya akan terhambat. Oleh sebab itu, pangkas tanaman yang menghalangi sinar matahari dan tanam sawo pada lahan yang memiliki sedikit naungan.

2. Penyiangan

Rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman sawo, jika terus dibiarkan akan mengganggu pertumbuhan. Hal ini disebabkan karena rumput liar akan menyerap kandungan nutrisi dan air dalam tanah yang dibutuhkan oleh tanaman sawo.

Pembersihan rumput liar dapat dilakukan secara manual menggunakan menggunakan tangan, maupun sabit, dan cangkul. Selain itu \, pertumbuhan rumput liar dapat diatasi dengan pemberian mulsa jerami dan penyemprotan herbisida.

Baca juga: Cara Menanam Sawo dalam Pot, Mudah dan Cepat Panen

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com