Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Sawo dalam Pot, Mudah dan Cepat Panen

Kompas.com - 15/02/2023, 13:13 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman buah dalam pot atau lebih dikenal tabulampot adalah salah satu cara menanam buah pada lahan yang sempit. Jenis buah yang dapat ditanam pada tabulampot sangat beragam, salah satunya sawo.

Buah sawo dipilih karena rasanya yang manis, daging buahnya tebal, dan dapat berbuah setiap 5 bulan sekali di setiap tahunnya. Selain itu juga, buah sawo memiliki kandungan seperti vitamin A, C dan E yang baik untuk tubuh.

Menanam sawo dalam pot sebenarnya cukup mudah. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (15/2/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menanam Buah Sawo yang Benar

Syarat tumbuh

Tanaman sawo akan tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki ketinggian hingga 900 mdpl, dengan curah hujan 1.250 sampai 2.500 mm/tahun. Sawo juga akan tumbuh dengan baik pada suhu yang tidak terlalu panas.

Jenis tanah yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman ini yaitu tanah gembur, kaya bahan organik, dan memiliki pH 6 sampai 7.

Tanaman sawoPixabay/ignartonosbg Tanaman sawo

Pemilihan bibit

Bibit yang digunakan, sangat menentukan pertumbuhan dan buah sawo yang dihasilkan. Oleh karena itu, pilihlah jenis varietas sawo yang unggul. Varietas sawo yang unggul seperti manila kulon, manila betawi, dan sawo kecik. Pastikan Anda membeli bibit sawo di penangkar yang sudah terpercaya.

Baca juga: 6 Faktor yang Menyebabkan Tabulampot Sulit Berbuah, Apa Saja?

Media tanam dan penanaman

Menanam sawo dalam pot memerlukan media tanam yang harus diperhatikan. Hal ini bertujuan supaya tanaman mendapatkan unsur hara yang dibutuhkan. Berikut ini cara menanam buah sawo dalam pot dengan mudah. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com