Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Mudah Pembibitan Kencur

Kompas.com - 09/07/2023, 09:41 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kencur termasuk rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat. Biasanya, kencur ditambahkan dalam makanan sebagai penyedap maupun diolah menjadi jamu tradisional.

Tak hanya kaya manfaat, kencur juga mudah dibudidayakan. Bahkan, rempah ini bisa ditanam di pekarangan rumah menggunakan pot.

Sama halnya dengan tanaman lain, langkah awal budidaya kencur yaitu menyiapkan bibit berkualitas. Mengutip dari Buku Teknologi Unggulan Kencur, berikut ini tahapan pembibitan kencur agar hasilkan bibit berkualitas.

Baca juga: Cara Menanam Kencur di Polybag Mudah dan Praktis

Persiapan bahan

Kencur bisa diperbanyak menggunakan rimpang. Bahan rimpang yang akan disemai harus berasal dari pertanaman yang sehat dan bebas penyakit.

Rimpang kencurShutterstock/Dian Zuraida Rimpang kencur

Umur rimpang yang akan disemai sekitar 10 bulat. Ciri rimpang berkualitas yaitu mengkilap (bernas), tekstur daging agak keras, bebas dari hama dan penyakit, serta tidak cacat.

Persemaian

Rimpang kencur yang sudah dipanen akan mengalami masa dorman selama 2 hingga 3 bulan. apabila rimpang benih sudah disimpan sekitar 3 bulan dan terlihat kemunculan tunas, maka benih bisa langsung ditanam.

Namun, jika menggunakan rimpang yang baru dipanen, maka perlu dilakukan pemecahan dormansi. Caranya dengan menjemur rimpang selama kurang lebih 3 hari dari pupuk 7 hingga 11 siang.

Baca juga: Pedoman Budidaya Tanaman Kencur di Polybag

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com