Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat Cabai Merah Besar agar Panennya Maksimal

Kompas.com - 31/07/2023, 17:52 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu tahapan penting dalam budidaya cabai merah besar yaitu perawatan. Tahapan budidaya ini sangat mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas tanaman tersebut.

Dengan perawatan yang maksimal, maka tanaman bisa menghasilkan panen yang optimal. Melansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Senin (31/7/2023), berikut ini cara merawat cabai merah besar dengan benar agar tumbuh maksimal.

1. Penyiraman

Penyiraman menjadi faktor pertama yang perlu diperhatikan. Tanaman cabai merah besar memerlukan air dalam jumlah cukup untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Baca juga: Cara Menanam Cabai Merah Besar, Bisa Panen Berulang Kali

Lakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari. Apabila tanah terlihat kering, segeralah melakukan penyiraman untuk menjaga kelembapan. Namun, jika daerah tersebut terdapat banyak air, maka bisa menggunakan sistem pengairan agar kelembapan tanah terjaga.

Tanaman cabai merah besarPixabay/NoName_13 Tanaman cabai merah besar

2. Pengendalian hama dan penyakit

Hama yang biasanya menyerang tanaman cabai merah besar yaitu kutu, tungau, trips, dan aphis. Hama tersebut bisa dikendalikan secara mekanis maupun dengan aplikasi pestisida.

Sementara itu, penyakit yang biasanya menyerang tanaman cabai merah besar yaitu penyakit embun bulu dan rebah semai. Penyakit tersebut bisa dikendalikan dengan membuang bagian tanaman yang terserang, menjaga kelembapan, dan mengaplikasikan pestisida.

3. Pemupukan

Pemupukan susulan dilakukan setelah cabai merah besar berumur 1 bulan. Selanjutnya, setiap panen diberikan perlu diberi pupuk susulan lagi menggunakan pupuk organik, kompos, atau pupuk cair.

Baca juga: Tahapan Budidaya Cabai Katokkon, Bisa Dipanen Berulang Kali

Jika menggunakan pupuk cair, maka bisa mengaplikasikan 100 ml per tanaman. Sementara itu, dosis pupuk kompos yang diberikan sekitar 500 hingga 700 gram per tanaman. Dosis tersebut juga berlaku untuk pupuk Urea dan NPK.

4. Penyiangan

Penyiangan adalah kegiatan membersihkan gulma atau tanaman liar yang tumbuh di sekitar tanaman cabai merah besar. Kegiatan penyiangan dilakukan secara rutin dan hati-hati agar tidak merusak tanaman cabai yang dibudidayakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com