Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Prosedur Pemberian Pupuk Tanaman Terong yang Benar

Kompas.com - 01/08/2023, 15:35 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemupukan merupakan salah satu tahapan perawatan tanaman terong yang penting untuk dilakukan. Pemberian pupuk tanaman terong dilakukan untuk menambah unsur hara yang mendukung pertumbuhan tanaman secara optimal.

Jenis pupuk yang diberikan yaitu pupuk organik, anorganik, dan pelengkap cair. Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Melansir dari buku Standar Operasional Prosedur Budidaya Terung, Selasa (1/8/2023), pupuk organik berfungsi untuk memperbaiki tekstur dan struktur tanah. Pupuk anorganik digunakan sebagai unsur tambahan hara atau nutrisi yang dibutuhkan dalam untuk pupuk tunggal maupun majemuk.

Baca juga: 5 Cara Merawat Tanaman Terong agar Panennya Maksimal

Sementara itu, pupuk pelengkap cair digunakan untuk mengatasi kekurangan unsur hara mikro yang dibutuhkan tanaman. Hal lain yang penting untuk diperhatikan selain jenis pupuknya yaitu prosedur pemberian pupuk tersebut. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Ilustrasi tanaman terongShutterstock/Esin Deniz Ilustrasi tanaman terong

Alat dan bahan

Sebelum memulai pemupukan, siapkan terlebih dahulu beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan. Adapun alat dan bahan yang dimaksud, seperti berikut:

  1. Pupuk organik
  2. Pupuk anorganik yang mengandung nitrogen, fosfor, kalium, dan sulfur
  3. Pupuk pelengkap cair
  4. Tugal
  5. Ember atau gayung

Baca juga: Tips Pemberian Pupuk untuk Tanaman Terong yang Tepat

Cara pemberian pupuk tanaman terong

Jumlah pupuk yang diberikan harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Jenis pupuk tanaman terong yang biasanya diberikan yaitu Urea, ZA, KCl, dan unsur hara mikro.

Waktu pemberian pupuk NPK yaitu saat tanaman berumur 15, 28, dan 42 hari setelah tanam untuk terong hibrida. Sedangkan untuk terong non hibrida pemupukan dilanjutkan saat tanaman berumur 60 dan 80 hari setelah tanam.

Cara pemupukan diawali dengan membuat lubang pemupukan menggunakan tugal. Kemudian, letakkan pupuk dalam lubang tanam tersebut dan tutup kembali dengan tanah agar pupuk tidak tercuci atau menguap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com