Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Terong Ungu Organik agar Rajin Berbuah

Kompas.com - 23/07/2023, 10:31 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Terong ungu merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak ditemukan di Indonesia. Tanaman ini bisa dibudidayakan secara konvensional maupun modern.

Saat ini, banyak petani yang menanam terong ungu secara organik. Selain menghasilkan sayuran berkualitas, budidaya terong ungu organik juga lebih ramah lingkungan.

Cara menanam terong ungu organik sebenarnya tidak berbeda dengan cara menanam terong ungu konvensional. Hanya saja, budidaya terong organik tidak menggunakan bahan-bahan kimia.

Baca juga: Cara Budidaya Terong Ungu, Bisa Panen Tiga Hari Sekali

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (23/7/2023), berikut ini cara menanam terong ungu organik dengan mudah.

Penyemaian benih

Ilustrasi menanam terong ungu, budidaya terong ungu. SHUTTERSTOCK/JAHANGIR ALAM ONUCHCHA Ilustrasi menanam terong ungu, budidaya terong ungu.

Benih terong yang hendak ditanam sebaiknya memiliki daya tumbuh di atas 75 persen. Benih terong disemai pada bedengan atau baskom, kemudian disungkup.

Tambahkan arang sekam dan kompos pada media semai dengan perbandingan 1:1:1. Benih terong yang akan disemai perlu direndam dalam air hangat selama 10 hingga 15 menit, lalu bungkus benih dengan kain basah dan diamkan selama 24 jam.

Buat alur dengan jarak 5 sampai 10 cm di atas media semai untuk menebarkan benih. Tutup benih dengan media semai tipis-tipis dan berikan naungan serta siram untuk menjaga kelembapan.

Setelah 10 hingga 15 hari, pindahkan bibit ke bumbunan daun pisang atau polybag kecil. Isi polybag atau bumbunan daun pisang dengan tanah dan kompos (perbandingan 1:1).

Baca juga: Simak, Ini 5 Cara Menanam Terong Ungu

Siram dengan air dan tanam bibit yang sudah berumur 1 hingga 1,5 bulan atau telah mempunyai 4 helai daun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com