Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Budidaya Jamur Tiram Pakai Ampas Kopi, Bisa di Rumah

Kompas.com - 25/11/2023, 08:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda menyukai hidangan olahan jamur, budidaya jamur di rumah adalah salah satu hal yang menarik dilakukan.

Bila Anda melakukan budidaya jamur di rumah, Anda memerlukan substrat agar jamur dapat bertunas, dan media yang bagus untuk dicoba adalah ampas kopi.

Nah, apabila Anda kesulitan memikirkan apa yang harus dilakukan dengan ampas kopi, maka Anda perlu tahu bahwa ampas kopi sangat membantu pertumbuhan jamur. Namun, cara ini tidak berlaku untuk semua jenis jamur, alias paling cocok untuk jamur tiram saja.

Baca juga: Kendala dalam Budidaya Jamur Tiram dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi jamur tiram, budidaya jamur tiram, baglog jamur tiram.SHUTTERSTOCK/RATT_ANARACH Ilustrasi jamur tiram, budidaya jamur tiram, baglog jamur tiram.

Dikutip dari House Digest, Sabtu (25/11/2023), meskipun tidak ada bukti ilmiah yang meyakinkan mengenai hal ini, metode ini direkomendasikan oleh situs-situs berkebun dan pertanian.

Petani perkotaan amatir juga menemukan kesuksesan dengan cara budidaya jamur tiram ini, jadi patut dicoba jika Anda tertarik untuk melakukannya di rumah.

Ampas kopi sangat cocok untuk budidaya jamur karena menyediakan substrat yang ramah lingkungan.

Saat memilih substrat, Anda perlu memastikan media tersebut telah dipasteurisasi sehingga tidak ada bakteri atau mikroba berbahaya yang dapat merusak jamur yang sedang tumbuh atau bersaing dengan jamur tersebut untuk mendapatkan nutrisi.

Baca juga: Hama dan Penyakit Jamur Tiram, serta Cara Mengendalikannya

Karena Anda menuangkan air mendidih ke atas ampas kopi untuk, maka ampas kopi tersebut sudah cukup dipasteurisasi. Pastikan untuk menggunakan ampas kopi segar untuk budidaya jamur tiram guna memastikan bakteri atau jamur baru tidak tumbuh.

Cara terbaik adalah menggunakannya pada hari Anda menyeduhnya.

Cara budidaya jamur tiram pakai ampas kopi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com