Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Kaktus untuk Tanaman Hiasan di Rumah

Kompas.com - 05/09/2022, 15:35 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaktus merupakan tanaman berduri yang saat ini banyak ditanam sebagai tanaman hias. Cara menanam kaktus yang mudah membuat banyak orang berminat untuk menjadikan tanaman ini sebagai hiasan rumah.

Tak hanya itu, perawatan kaktus juga tidak sulit, sehingga siapa pun bisa memelihara tanaman ini. Menurut keterangan di buku Kaktus, Cantik dan Unik, berikut tata cara menanam kaktus hias di rumah dengan mudah.

Baca juga: Simak, Ini Cara Menanam Kaktus Dalam Pot

Menyiapkan bibit

Bibit tanaman kaktus bisa diambil dari anakan atau stek batang tanaman induk. Biasanya, bibit ditanam terlebih dahulu di pot pendek hingga nantinya siap untuk dipindahkan ke tempat yang lebih besar.

Ilustrasi tanaman kaktus bulan (Gymnocalycium mihanovichii).PIXABAY/JASON GOH Ilustrasi tanaman kaktus bulan (Gymnocalycium mihanovichii).

Media tanam

Media tanam yang sesuai untuk pertumbuhan kaktus yaitu media tanam yang kering dan porous. Dengan media tersebut, akar kaktus tidak memerlukan waktu lama untuk mengikat air. Akar menjadi lebih efisien dalam menggunakan air.

Pot tanam

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih pot untuk kaktus. Antara lain; dasarnya berlubang, tahan lama dan tidak mudah ditumbuhi lumut, ukurannya sesuai dengan ukuran tanaman, dan bentuknya menarik.

Baca juga: 5 Alasan Harus Memelihara Kaktus di Rumah

Penanaman

Bibit yang sudah mempunyai perakaran cukup bisa segera ditanam di pot tanam. Biasanya bibit yang siap tanam berumur 2-3 bulan. Adapun cara menanam kaktus yang benar, seperti berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com