Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Kedelai Hitam yang Benar agar Panennya Melimpah

Kompas.com - 12/12/2022, 10:16 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedelaai hitam merupakan jenis kedelai yang banyak dimanfaatkan untuk bahan baku kecap, tauco, tempe, dan lain sebagainya. Meskipun demikian, kedelai hitam lebih sering dimanfaatkan untuk membuat kecap.

Kebutuhan kecap yang tinggi membuat banyak petani mulai menanam kedelai hitam. Cara menanam kedelai hitam tidak berbeda jauh dengan tanaman kedelai pada umumnya.

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Senin (12/12/2022), berikut penjelasan seputar pedoman budidaya kedelai hitam yang benar agar hasilnya maksimal.

Baca juga: Karakteristik Biosoy, Varietas Kedelai Lokal yang Unggul

Syarat tumbuh kedelai hitam

Ilustrasi kedelai hitamShutterstock/masa44 Ilustrasi kedelai hitam

Kedelai hitam merupakan tanaman subtropis. Oleh karena itu, saat hendak menanam kedelai hitam di wilayah tropis seperti Indonesia, syarat tumbuh tanaman ini harus diperhatikan dengan seksama.

Tanaman kedelai hitam harus ditanam pada tanah yang pH-nya 6 ke atas atau pH netral. Dengan demikian, tanaman tersebut akan tumbuh dengan baik dan menghasilkan kedelai optimal.

Persiapan benih

Benih kedelai hitam harus berkualitas agar tanaman kedelai dapat tumbuh dengan baik. Benih kedelai direndam terlebih dahulu dalam air selama 30 menit.

Baca juga: Bisa Untung Besar, Begini Cara Budidaya Kedelai Jepang atau Edamame

Persiapan lahan

Lahan yang akan digunakan untuk menanam kedelai harus dibersihkan terlebih dahulu dari gulma maupun kerikil. Setelah itu, gemburkan tanah dan tambahkan kapur dolomit apabila pH-nya tidak sesuai dengan syarat tumbuh kedelai hitam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com