Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, 6 Tips Menanam Pohon Pisang agar Cepat Berbuah

Kompas.com - 13/12/2022, 15:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pisang adalah salah satu buah populer yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah pisang sangat banyak dibutuhkan oleh tubuh.

Tanaman pisang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat, terlebih karena tanaman ini sudah sangat sering ditanam di pekarangan rumah.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Selasa (13/12/2022), secara umum, saat ini pisang tidak banyak yang dibudidayakan secara intensif. Hanya sebagian kalangan yang melakukan budidaya pisang secara masif.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengetahui Buah Pisang Siap Panen? Ini Penjelasannya

Pixabay/jkopkaPixabay/jkopka Pixabay/jkopka

Oleh karena itu, budidaya pisang sangat diminati oleh semua kalangan. Berikut beberapa tips menanam pohon pisang agar cepat berbuah.

1. Pembibitan dari tunas pisang

Biasanya, pada pemilihan bibit pisang digunakan dengan menggunakan tunas. Tinggi tunas yang biasanya digunakan untuk menjadi bibit adalah yang memiliki tinggi sekitar 1 sampai 1,5 meter yang memiliki kelebaran umbi sekitar 15 sampai 20 cm.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, sebaiknya anakan yang digunakan adalah yang diambil dari tanaman pisang yang termasuk dalam kategori yang sehat serta baik.

Selain itu, ketinggian dari bibit tanaman ini juga akan berpengaruh terhadap produksi tanaman pisang.

Baca juga: 5 Tahapan Pasca Panen Buah Pisang agar Kualitasnya Terjaga

Bibit anakan tanaman pisang dibagi menjadi dua jenis, yakni anakan tua dan muda. Dalam hal ini, anakan dewasa akan memiliki potensi untuk lebih baik dijadikan bibit karena kesiapannya lebih matang, yaitu telah memiliki calon bunga dan persediaan makanan yang tersedia didalam batang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com