Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Tips Persiapan Bibit Cabai dengan Mudah

Kompas.com - 07/01/2023, 18:10 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan bibit yang sehat menjadi salah satu kunci keberhasilan budidaya tanaman cabai. Bibit cabai sebenarnya bisa dibeli di toko pertanian atau pembuat bibit, akan tetapi Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan mudah.

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (7/1/2023), berikut ini tips persiapan bibit cabai yang sehat dengan mudah.

Persiapan benih

Benih cabai sebaiknya dipilih dari varietas unggul yang sudah bersertifikat. Pastikan benih yang dipilih daya tumbuh tinggi, vigor baik, tidak tercampur dengan benih lain, dan terbebas dari hama dan penyakit tular benih. Benih berkualitas akan menghasilkan tanaman yang pertumbuhan dan produktivitasnya baik.

Baca juga: Cara Menanam Benih Cabai agar Cepat Tumbuh

Persemaian

Tanaman cabai hijauTanaman cabai hijau Tanaman cabai hijau

Benih yang akan disemai sebaiknya direndam terlebih dahulu dalam air hangat selama satu jam. Benih yang dipilih hanya benih yang tenggelam, sedangkan benih yang mengapung sebaiknya dibuang karena kualitasnya kurang baik.

Benih disemai dalam bedengan atau tray semai yang sudah berisi tanah dan pupuk kandang. Benih ditanam dalam media semai tersebut.

Kemudian beri naungan di atas persemaian benih. Tujuannya untuk melindungi persemaian dari air hujan dan sinar matahari langsung.

Baca juga: Tips Menyiapkan Bibit Cabai Besar yang Benar

Pindah tanam

Bibit cabai yang sudah memiliki 2 helai daun, bisa mulai dipindah tanam ke tempat yang lebih besar. Bibit bisa dipindahkan ke polybag atau bumbungan daun pisang yang sudah berisi tanah dan pupuk kandang.

Perawatan tanaman

Bibit cabai harus dirawat dengan baik agar pertumbuhannya normal. Kegiatan perawatan bibit cabai, antara lain; penyiraman, penyiangan, dan pengendalian hama maupun penyakit tanaman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com