Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Memilih Nangka Muda untuk Sayur Ketupat

Kompas.com - 16/04/2023, 09:41 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nangka atau yang memiliki nama "jackfruit" dalam bahasa inggris, merupakan tanaman yang populer di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Buah nangka memiliki ukuran yang cukup besar dan memiliki kulit berduri seperti durian.

Buah nangka yang sudah matang, memiliki daging buah berwarna kuning, rasanya yang manis dengan aroma yang khas, membuat banyak orang menyukai buah nangka.

Tak hanya buah nangka yang sudah matang saja yang dapat dikonsumsi. Nangka muda atau yang sering disebut gori juga dapat dikonsumsi.

Baca juga: Cara Menanam Nangka agar Cepat Berbuah Lebat

Bahkan, di kegiatan sehari-hari, nangka muda yang lebih sering dijumpai, karena dijadikan berbagai macam olahan makanan. Menjelang Lebaran, nangka muda sering dicari untuk diolah menjadi sayur ketupat.

Untuk mendapatkan nangka muda yang enak saat dimasak, berikut ini beberapa cara memilih nangka muda yang bisa Anda ikuti.

Ilustrasi buah nangka, pohon nangkaSHUTTERSTOCK/MICHAELNERO Ilustrasi buah nangka, pohon nangka

1. Pilih jenis nangka muda

Terdapat berbagai jenis nangka muda. Nangka mudah berwarna putih dan merah yang paling sering ditemukan di pasar maupun supermarket.

Pemilihan jenis nangka muda ini sangat penting, karena akan berpengaruh terhadap hasil masakan yang dibuat. Nangka muda berwarna merah biasanya digunakan untuk membuat gudeg karena teksturnya lebih keras, sedangkan nangka muda berwarna putih sering dijadikan lodeh karena lebih empuk.

Baca juga: Cara Budidaya Pohon Nangka Mini, Bisa Berbuah Terus-menerus

2. Pastikan nangka masih segar

Kesegaran bahan masakan merupakan faktor utama yang harus diperhatikan. Selain mempengaruhi rasa, hal ini juga sangat berkaitan erat dengan kesehatan.

Oleh sebab itu, pastikan memilih nangka muda yang masih segar. Nangka muda yang masih segar dapat terlihat dari warna, tekstur, dan aromanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com