Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Merawat Aglonema agar Tumbuh dengan Cantik

Kompas.com - 29/04/2023, 07:27 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aglonema termasuk salah satu tanaman hias yang populer di Indonesia. Tanaman ini memiliki sekitar 40 spesies yang berbeda. Di alam liar, aglonema tumbuh di daerah hutan yang lembap dengan kondisi sinar matahari yang terbatas.

Tanaman aglonema banyak dicari karena memiliki daun yang indah dengan warna dan bentuk yang beragam. Terdapat aglonema yang memiliki daun berbentuk bulat dengan warna hijau tua, dan ada pula yang memiliki daun lebih besar dan berwarna merah atau kuning.

Pola dan corak yang terdapat pada daunnya juga sangat unik, seperti bintik-bintik putih atau garis-garis yang halus. Dengan keindahannya, aglonema menjadi salah satu tanaman hias yang sangat diminati di Indonesia.

Baca juga: Cara Mengatasi Busuk Akar dan Daun Aglonema

Akan tetapi, untuk menghasilkan tanaman aglonema yang sehat dan berumur panjang, perlu dilakukan perawatan secara rutin. Dikutip dari Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Sabtu (29/4/2023), berikut tips merawat aglonema agar tumbuh dengan baik.

1. Pemberian air secara teratur

Setiap tanaman membutuhkan air untuk kehidupannya, tidak terkecuali aglonema. Air digunakan oleh tanaman dalam proses fotosintesis untuk membuat makanan.

Ilustrasi tanaman hias aglonema siam aurora. SHUTTERSTOCK/NOYPB Ilustrasi tanaman hias aglonema siam aurora.

Pemberian air sebaiknya dilakukan secara teratur dan sesuai kebutuhan tanaman. Apabila air yang diberikan terlalu banyak, dapat menyebabkan akar tanaman menjadi busuk.

2. Pembersihan rumput liar disekitar tanaman

Walaupun tidak pernah ditanam, rumput liar akan tumbuh dimanapun lokasinya. Biasanya hal ini karena biji atau akar terbawa oleh angin maupun tercampur pada media tanaman.

Baca juga: Cara Menanam Bonggol Aglonema agar Pertumbuhannya Bagus

Pembersihan rumput liar harus dilakukan secara cepat, sebelum semakin banyak dan sulit dikendalikan. Cabut rumput liar sampai ke akarnya, supaya tidak tumbuh lagi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com