Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Rambutan dalam Pot, Cocok untuk Lahan Sempit

Kompas.com - 14/05/2023, 13:40 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman di dalam pot semakin banyak di gemari dalam beberapa tahun terakhir ini. Hal ini karena cocok ditanam pada rumah di perkotaan yang memiliki lahan terbatas.

Perawatannya pun tidak terlalu sulit dilakukan, bahkan untuk pemula sekalipun. Selain meningkatkan keindahan rumah, tanaman dalam pot juga dapat meningkatkan kualitas udara, mengurangi stres, dan meningkatkan produktivitas.

Ada banyak jenis tanaman yang dapat tumbuh dengan baik di pot, mulai dari tanaman hias, tanaman buah dan sayuran. Salah satu tanaman buah yang dapat ditanam pada pot adalah rambutan.

Cara menanam rambutan dalam pot cukup sederhana, tidak jauh berbeda seperti menanam di kebun. Mengutip dari berbagai sumber, berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Cara Stek Rambutan dengan Mudah dan Cepat Tumbuh

1. Siapkan pot yang besar

Gunakanlah pot yang memiliki ukuran besar, dengan diameter dan tinggi 50 sampai 100 cm. Pilihlah pot yang memiliki bahan tidak mudah pecah dan tahan lama. Mengingat umur buah rambutan yang cukup panjang.

Ilustrasi rambutan, pohon rambutan. UNSPLASH/ANIL XAVIER Ilustrasi rambutan, pohon rambutan.

2. Pemilihan bibit unggul

Buah rambutan memiliki jenis yang sangat beragam seperti binjai, antalagi, rapiah, narmada, dan masih banyak lainnya. Pilihlah buat rambutan yang tidak terlalu tinggi, akan tetapi produksi buahnya banyak dan manis. Pastikan bibit yang akan ditanam sehat dari serangan hama penyakit.

3. Pembuatan media tanam

Media tanam yang gembur dan banyak mengandung bahan organik sangat membantu pertumbuhan tanaman ini, terutama pada saat masih kecil. Campuran tanah dan pupuk kandang merupakan perpaduan yang sempurna untuk membuat media tanam yang berkualitas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com