Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Rambutan dan Leci, Jangan Sampai Keliru

Kompas.com - 15/05/2023, 15:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rambutan adalah salah satu buah tropis yang banyak ditanam dan dikonsumsi di Indonesia. Namun demikian, ada pula buah yang tampilan dan rasanya sering dikira rambutan, yakni leci.

Meskipun berbeda, kedua buah ini memiliki banyak kesamaan.  Jangan biarkan rasa manisnya yang berair dan penampilannya yang hampir mirip menipu Anda.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Senin (14/5/2023), berikut persamaan dan perbedaan rambutan dan leci yang perlu diketahui agar tidak keliru.

Baca juga: Cara Menanam Rambutan dalam Pot, Cocok untuk Lahan Sempit

Ilustrasi leci, buah leci.PIXABAY/ATUL SOMANI Ilustrasi leci, buah leci.

Apa itu leci?

Leci atay lychee (Litchi chinensis) berasal dari Tiongkok selatan. Leci adalah buah lezat dari keluarga soapberry (Sapindaceae).

Pohon leci bisa mencapai tinggi 12 meter dengan kanopi daun mengkilap yang bulat dan lebat serta batang yang tebal dan berbonggol-bonggol menghasilkan kumpulan bunga harum kecil yang mekar pada musim semi.

Kemudian, diikuti oleh buah di musim panas, yang merupakan buah beri bulat kecil, berdiameter sekitar 2 sampai 3 cm, dengan kulit merah atau merah muda yang keras dan tidak bisa dimakan.

Daging buah leci bening, berair, dan manis, dengan rasa yang sering digambarkan sebagai kombinasi antara manis dan seperti bunga.

Baca juga: Cara Menanam Leci yang Benar agar Panennya Menguntungkan

Apa itu rambutan?

Rambutan (Nephelium lappaceum) adalah spesies buah tropis dari keluarga soapberry (Sapindaceae). Rambutan berasal dari Asia Tenggara dan ditemukan di Thailand, Indonesia, dan Filipina.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com