Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitra Pinasthika Mustika Tanam 20.000 Bibit Mangrove di NTT

Kompas.com - 16/06/2023, 20:39 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk melanjutkan program rehabilitasi mangrove di Muara sungai Kali Terang, Desa Golo Sepang, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, NTT dengan menambah luas area rehabilitasi sebesar 2 hektar dan menanam 20.000 bibit mangrove.

Dengan demikian, sejak program tersebut diluncurkan pada tahun 2022 lalu, total 3 hektar lahan di Kali Terang telah ditanami 30.000 bibit mangrove.

Program rehabilitasi mangrove merupakan salah satu dari strategi keberlanjutan (sustainability) perseroan di bidang lingkungan hidup dalam payung MPM Green Action.

Baca juga: Teknik Bertanam Kentang Organik yang Ramah Lingkungan

PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk melakukan penanaman 20.000 bibit mangrove di Nusa Tenggara Timur (NTT). DOK PT MITRA PINASTHIKA MUSTIKA TBK PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk melakukan penanaman 20.000 bibit mangrove di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Program rehabilitasi mangrove ini dilakukan perseroan sejak awal tahun 2022 melalui berbagai tahapan untuk memastikan lokasi dan penerima manfaat adalah target yang tepat bagi program ini.

Diawali dengan proses survei lokasi dan identifikasi lahan rehabilitasi mangrove (preliminary study), dilanjutkan dengan pemetaan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat di wilayah binaan (social mapping), sosialisasi program kepada komunitas penggiat mangrove setempat, memberikan pelatihan teknik penanaman dan perawatan mangrove yang efisien, serta penguatan kelembagaan komunitas penggiat mangrove.

Kemudian, diakhiri dengan penandatanganan kesepakatan dengan kelompok penggiat untuk merawat bibit yang telah ditanam tersebut.

“Melalui program ini, perseroan ingin ikut berpartisipasi aktif dalam pengentasan pemanasan global. Mangrove tidak saja dapat mengembalikan fungsi ekosistem dan lingkungan, tetapi sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Tossin Himawan, Komisaris Mitra Pinasthika Mustika dalam siaran pers, Jumat (16/6/2023).

Baca juga: Dukung SDGs dan Lingkungan Hidup, Kota Semarang Raih Penghargaan

Tossin menjelaskan, program tersebut adalah upaya perseroan mendukung mitigasi dampak perubahan iklim dan mengimplementasikan praktik-praktik terbaik untuk mewujudkan kelestarian lingkungan dan
kesejahteraan masyarakat.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com