Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Pupuk Boron dan Cara Aplikasinya

Kompas.com - 10/07/2023, 18:44 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemupukan merupakan salah satu jenis perawatan tanaman yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan produktivitas tanaman. Pupuk yang diberikan sebaiknya mengandung unsur hara makro atau mikro.

Unsur hara makro dibutuhkan tanaman dalam jumlah banyak untuk menunjang pertumbuhan dan produktivitas tanaman. Sementara itu, unsur hara mikro dibutuhkan dalam jumlah sedikit.

Meskipun dibutuhkan dalam jumlah sedikit, namun peran unsur hara makro sangat penting bagi tanaman. Salah satu unsur hara mikro yang dibutuhkan tanaman yaitu boron.

Lantas, apa saja manfaat pupuk boron? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Simak, Dampak Kekurangan dan Kelebihan Boron pada Tanaman

Manfaat pupuk boron

Ilustrasi pemberian pupuk boronShutterstock/MAKSYM CHUB Ilustrasi pemberian pupuk boron

Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Senin (10/7/2023), boron memiliki fungsi untuk menunjang pertumbuhan tanaman. Unsur hara ini berperan penting dalam proses sintesis dan transport karbohidrat, pertumbuhan, perkembangan polen, dan aktivitas sel.

Pemberian boron dalam jumlah yang tepat akan membuat pertumbuhan dan perkecambahan serbuk sari optimal. Dengan demikian, produksi tanaman menjadi maksimal.

Tak hanya itu, boron juga berperan dalam proses penggabungan dan struktur dinding sel, metabolisme asam nukleat, karbohidrat, fenol, dan auksin. Manfaat pupuk boron lainnya yaitu bisa menunjang proses pembelahan, pemanjangan, diferensiasi sel, dan permeabilitas membran.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Silika Cair dengan Mudah

Aplikasi pupuk boron

Unsur hara boron yang tersedia di tanah sekitar 0,5 sampai 2,0 ppm. Namun, yang tersedia untuk tanaman hanya 0,5 sampai 2,5 persen.

Boron yang diserap oleh tanaman biasanya dalam bentuk H3BO3. Sama halnya dengan nutrisi mikro lain, pupuk boron bisa diberikan dengan cara disemprotkan ke daun, fertigasi, perlakuan benih, maupun lewat permukaan tanah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com