Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Daun Mint di Pot dengan Benar agar Tumbuh Subur

Kompas.com - 25/07/2023, 21:21 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Daun mint termasuk tanaman herbal yang banyak manfaatnya. Daun mint biasanya ditambahkan dalam minuman maupun makanan.

Aroma daun ini segara dan dingin, sehingga selain bermanfaat bisa membuat rasa makanan dan minuman menjadi lebih enak. Selain bermanfaat, budidaya tanaman ini juga tidak sulit.

Bahkan, daun mint bisa ditanam di rumah dalam pot. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (25/7/2023), berikut ini cara menanam daun mint di pot.

Baca juga: Cara Menanam Daun Mint dari Biji dan Stek Batang

Persiapan bibit

Tanaman mint bisa diperbanyak dengan cara stek batang. Sebelum ditanam, pastikan stek batang diambil dari tanaman yang sehat dan memiliki pertumbuhan maksimal.

Tanaman mintPixabay/SofiLayla Tanaman mint

Pastikan juga batang mint dalam kondisi segar dan tidak layu. Batang yang akan distek juga harus memiliki kulit berwarna hijau kecoklatan, tidak cacat, dan bebas hama.

Setelah mendapatkan batang mint yang berkualitas, potong batang mint tersebut berukuran 5 hingga 10 cm. Kemudian, hilangkan daun yang ada di bagian bawah dan sisakan 3 hingga 4 helai daun bagian atas.

Setelah itu, rendam batang di air untuk mempercepat pertumbuhannya. Jangan lupa untuk mengganti air rendaman secara berkala agar tanaman tidak mudah busuk.

Baca juga: Cara Menanam Rosemary di Pot dengan Mudah dan Cepat Tumbuh

Penanaman

Cara menanam daun mint di pot diawali dengan menyiapkan pot yang bagus dan memiliki lubang drainase. Lalu, isi pot dengan tanah yang pH-nya sedikit asam yakni antara 6,5 dan 7.

Kemudian, buat lubang tanam dan tanam stek mint. Lalu, tutup tutup lubang tanam dengan tanah sembari dipadatkan agar bibit tidak rebah.

Setelah ditanam, lakukan perawatan dengan cara rutin menyiram tanaman mint setiap pagi agar pertumbuhan tanaman mint tumbuh subur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com