Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Penyakit Layu Fusarium atau Ngoser Umbi Bawang Putih

Kompas.com - 16/03/2023, 11:44 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Budidaya bawang putih berarti harus menjaga tanaman dari serangan penyakit. Salah satu penyakit tanaman bawang putih adalah penyakit layu fusarium atau penyakit ngoser pada umbi bawang putih.

Penyakit layu fusarium ini terutama mengacu pada gejala spefisik serangan jamur fusarium. Petani di Jawa menyebutnya dengan ngoser atau ngoler dengan gejala daun bawang menguning, tanaman layu dengan cepat.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Kamis (16/3/2023), penyakit ini disebabkan oleh jamur Fusarium sp. Penyakit layu ini disebabkan oleh jamur tular tanah.

Baca juga: 4 Tips Merawat Tanaman Bawang Putih agar Produktivitasnya Maksimal

Ilustrasi menanam bawang putih. SHUTTERSTOCK/HULABEAR Ilustrasi menanam bawang putih.

Ada banyak penyakit jamur tular tanah pada bawang putih dengan gejala berbeda yang disebabkan oleh spesies dari genus Fusarium. Penyakit ini disebabkan oleh Fusarium proliferatum, Fusarium culmorum, dan Fusarium oxysporum.

Layu fusarium menyerang umbi dari bawah ke atas, mirip dengan busuk putih, tetapi berlangsung lebih lambat dan tidak mengembangkan sklerotia yang menjadi ciri khas pada pada busuk putih.

Gejala umum dari serangan penyakit ini terlihat tenaman menguning, seperti menua sebelum waktunya. Ujung daun tanaman yang terinfeksi berubah menjadi kuning kemudian coklat saat gejalanya mengarah ke bawah menuju umbi.

Kadang-kadang perubahan warna kemerahan dapat muncul pada selubung umbi tanaman bawang putih yang sangat terinfeksi di awal musim.

Baca juga: Cara Menanam Bawang Dayak yang Kaya Manfaat

Gejala penyakit ngoser bawang putih

Selama kondisi yang sangat panas dan kering tanaman yang terinfeksi layu dan umbi tampak berair dan coklat. Seringkali akar membusuk dari bagian bawah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com