Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Budidaya Kayu Manis dengan Benar agar Panennya Berkualitas

Kompas.com - 31/05/2023, 17:27 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kayu manis atau yang memiliki nama ilmiah Cinnamomum verum merupakan rempah-rempah yang sudah dikenal dan digunakan oleh manusia dari zaman kuno. Kayu manis berasal dari pohon berdaun hijau yang tumbuh di kawasan tropis seperti Sri Lanka, India, Indonesia, dan Madagaskar.

Bagian yang paling berharga dari pohon ini dan dijadikan rempah-rempah yaitu bagian kulit batangnya. Kulit batang kayu manis dikeringkan terlebih dahulu, baru dapat digunakan sebagai rempah-rempah.

Proses pengeringan inilah yang membuat kayu manis memiliki warna coklat kemerahan yang khas dan tekstur yang remah. Bagian yang paling banyak digunakan yaitu kulitnya.

Baca juga: Jenis Rempah yang Menjadi Komoditas Ekspor, Apa Saja?

Kulit kayu manis memiliki aromanya yang harum serta dapat menambah cita rasa manis menjadi ciri khas utamanya.

Dengan aroma yang memikat dan manfaat kesehatan yang luar biasa, budidaya kayu manis terus dikembangkan. Hal ini karena kayu manis menjadi bahan yang dicari dan digunakan di seluruh dunia.

Ilustrasi kayu manisFreepik/racool_studio Ilustrasi kayu manis

Baik dalam hidangan kuliner, minuman, atau pengobatan alam. Itulah sebabnya kayu manis menjadi salah satu rempah-rempah yang disukai dan banyak dibudidayakan.

Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, berikut ini cara budidaya kayu manis agar mendapatkan hasil panen yang menguntungkan.

1. Syarat tumbuh

Budidaya kayu manis akan tumbuh dengan subur jika ditanam pada lokasi yang sesuai. Ketinggian tempat 500 sampai 1.000 mdpl merupakan lokasi yang paling sesuai bagi kayu manis untuk tumbuh.

Baca juga: 6 Tanaman Rempah yang Mudah Dijumpai

Namun, ada beberapa jenis kayu manis yang dapat ditanam pada ketinggian 2.000 mdpl. Kondisi iklim di wilayah tropis dengan suhu 20 hingga 27°C, curah hujan antara 2.000 sampai 2.500 mm/th sangat sesuai bagi pertumbuhan tanaman. Keadaan tanah juga perlu diperhatikan dan dijaga pada keasaman tanah 5.0-6.0.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com