Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Budidaya Mentimun Organik, Bisa Berbuah Setelah 40 Hari

Kompas.com - 17/11/2022, 14:34 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketimun atau mentimun atau Cucumis sativus merupakan tanaman yang bisa beradaptasi pada berbagai jenis iklim. Namun, budidaya mentimun lebih maksimal pada kondisi iklim kering dengan penyinaran penuh pada suhu 21 sampai 27 derajat celcius.

Adapun ketinggian ideal untuk budidaya mentimun adalah 1.000 sampai 1.200 meter dari permukaan laut. Meskipun demikian, mentimun masih bisa ditanam di dataran rendah.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Kamis (17/11/2022), budidaya mentimun organik membutuhkan perawatan ekstra, karena tanaman ini rentan terhadap hama dan cuaca.

Baca juga: 3 Cara Mudah Menanam Mentimun di Rumah

Ilustrasi mentimun. FREEPIK/JCOMP Ilustrasi mentimun.

Mentimun akan lebih bagus ditanam pada tanah yang mengandung hara organik cukup banyak. Tekstur tanah yang baik bagi tumbuh kembang tanaman ini berkadar liat rendah dengan pH 6 sampai 7.

Berikut cara menanam mentimun organik hingga panen.

1. Penyiapan benih mentimun

Budidaya mentimun biasanya dilakukan dengan memperbanyak tanaman melalui biji. Cara mendapatkan benih yang baik adalah dengan menyeleksi mentimun yang pangkalnya kecil namun buahnya panjang dan besar.

Biarkan buah mentimun tersebut masak di pohon. Setelah terlihat akan membusuk petik buah tersebut dan diamkan selama satu malam.

Baca juga: Cara Budidaya Caisim Organik, Pilihan Sehat Tanpa Pupuk Kimia

Keesokan harinya buah dibelah dan dikerok bijinya. Lalu, masukkan ke dalam wadah yang bersih dan biarkan kembali selama satu malam.

Setelah itu, ayak biji mentimun di air mengalir sampai selaput yang menyelubunginya hilang. Untuk memudahkan pengelupasan selaput, campurkan halus abu pada benih tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com