Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Begini Cara Menanam Buah agar Berbuah Lebat

Kompas.com - 21/11/2022, 14:17 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Buah naga merupakan tanaman buah yang masuk dalam keluarga kaktus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Di Indonesia buah ini cukup populer karena rasanya yang manis dan bentuknya yang unik.

Nilai ekonomis buah ini juga cukup tinggi, sehingga banyak yang tertarik menanam buah ini. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Senin (21/11/2022), berikut cara menanam buah naga yang benar agar berbuah banyak.

Menyiapkan bibit

Bibit buah naga bisa didapatkan dengan cara stek batang buah naga. Bagian batang yang dipilih yaitu batang dari tanaman yang sehat dan pertumbuhannya baik.

Baca juga: Cara Stek Buah Naga yang Mudah Dilakukan

Batang yang sudah dipilih kemudian dipotong sepanjang 20 sampai 30 cm. Bagian bagian atas dipotong rata, sedangkan bagian bawah dipotong runcing.

Tanaman buah nagaPixabay/lequangutc89 Tanaman buah naga

Kemudian, biarkan stek batang sampai getahnya mengering. Untuk mengurangi risiko infeksi jamur, celupkan batang stek pada larutan fungisida.

Berikutnya, siapkan media semai di dalam polybag dan tancapkan batang stek pada media tersebut. Berikan naungan agar stek bisa tumbuh dengan baik. Lakukan juga penyiraman dan pemeliharaan lainnya agar bibit cepat tumbuh.

Persiapan lahan

Persiapan lahan budidaya terdiri atas pemasangan tiang rambatan, pengolahan lahan, dan pemberian pupuk dasar. Tiang panjatan dibuat dengan tinggi sekitar 2 sampai 2,5 m.

Baca juga: Cara Menanam Buah Naga Stek agar Cepat Tumbuh

Tiang tersebut ditempatkan pada lubang tanam yang sudah dibuat sebelumnya. Setelah itu, gemburkan lahan yang akan digunakan untuk menanam buah naga.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com