Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Panen Porang yang Benar agar Kualitas Umbinya Terjaga

Kompas.com - 27/06/2023, 15:50 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Porang merupakan salah satu komoditas ekspor yang nilai jualnya tinggi. Keunggulan porang terletak pada umbinya yang memiliki kandungan glukomanan tinggi.

Kandungan tersebut membuat umbi porang banyak digunakan dalam industri makanan, farmasi, dan kosmetik. Hal ini jugalah yang membuat porang menjadi produk pertanian yang banyak dicari.

Oleh karena itu, budidaya porang harus dilakukan dengan baik agar menghasilkan umbi berkualitas. Salah satu tahapan budidaya umbi porang yang perlu diperhatikan yaitu pemanenannya.

Baca juga: Cara Menanam Porang, Tanaman Komoditas Unggulan Kaya Manfaat

Panen porang harus dilakukan tepat waktu dan dengan cara yang benar. Mengutip dari Cybext Kementerian Pertanian, simak penjelasannya berikut ini.

ilustrasi porangKOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN ilustrasi porang

Umur tanaman

Porang termasuk tanaman tahunan karena memiliki waktu panen yang cukup lama. Tanaman ini memerlukan waktu 1 sampai 2 tahun untuk menghasilkan umbi yang besar dan banyak.

Ciri-ciri porang siap dipanen

Umbi porang harus dipanen pada waktu yang tepat. Panen porang yang terlalu muda, menghasilkan umbi yang kecil dan kurang berbobot.

Selain dari segi, ada juga ciri-ciri lain yang perlu diperhatikan. Biasanya, batang dan daun tanaman porang apabila sudah siap dipanen, akan layu dan mengering.

Untuk memastikan umbi sudah berkembang dengan baik, gali tanah disekitar tanaman untuk mengecek umbi porang yang sudah membesar atau belum.

Baca juga: Cara Memperbanyak Tanaman Porang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com